Sidoarjo (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo Jawa Timur Saiful Ilah meminta kepada kepala desa terpilih supaya meningkatkan pelayanan kepada warga masyarakat sebagai bentuk amanah masyarakat yang dibebankan pada pundak para kepala desa terpilih saat ini.

"Kami berharap kepercayaan yang diberikan masyarakat harus dapat dibuktikan dengan sebuah karya nyata. Yakni berupa kemajuan dan keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa serta pelaksanaan pembangunan," katanya saat pelantikan 75 Kepala Desa di Pendopo Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

Ia juga mengajak kepada kepala desa untuk menyatukan langkah dan pemikiran supaya proses penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksanaan pembangunana dapat terwujud dengan baik.

"Kami meminta kepada kepala desa terpilih untuk mampu memberikan pelayanan prima dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Pemerintahan desa juga dituntut dalam hal keterbukaan informasi proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa," katanya.

Dirinya juga memberikan beberapa  penekanan yang harus diperhatikan oleh para kepala desa terpilih dalam penyelenggaraan pemerintahan desanya.

"Pertama, untuk melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua, kepala desa, BPD dan segenap unsur terkait harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi," katanya.

Dan yang ketiga, kata dia, dalam rangka pelaksanaan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi Hasil Retribusi (BHR), dan Bagi Hasil Pajak (BHP), agar Kepala Desa dan BPD dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan yang berlaku sesuai Peraturan Bupati Sidoarjo No. 27 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

"Terakhir, agar para Kades terpilih mampu menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa. Baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan," katanya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah kepala desa periode tahun 2016-2022 tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf. Forum Koordinasi Pimpinan Dearah (Forkopimda) Sidoarjo dan para pejabat Sidoarjo.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016