Surabaya, (Antara Jatim) – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kembali menggelar lomba karya jurnalistik, yang merupakan ajang tahunan untuk mengapresiasi karya para jurnalis dengan nama "Pelindo III Journalist Award 2016".

"Ajang ini sebagai wujud dukungan dan penghargaan kami kepada para jurnalis terbaik di negeri ini, maka kompetisi ini kembali digelar. Terutama atas konsistennya telah bersama Pelindo III membangkitan semangat negeri maritim dengan mengabarkan gelora kiprah pelabuhan Indonesia kepada masyarakat," ucap Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya, Senin.

Edi mengatakan, karya perlombaan adalah yang sudah dipublikasikan pada periode 1 Juli 2016 sampai 10 November 2016, dan dibagi menjadi empat kategori, yakni Karya Tulis Jurnalistik Media Cetak, Karya Tulis Jurnalistik Media Online (daring), Karya Jurnalistik Televisi dan Radio, serta Karya Jurnalistik Foto.

"Seperti pada penyelenggaraan tahun 2015, hadiah tunai senilai puluhan juta rupiah siap dibagikan kepada para pemenang karya jurnalistik terbaik pada bidang kepelabuhanan," katanya.

Edi menjelaskan, untuk masing-masing kategori yang dilombakan, Juara I akan mendapatkan Rp10 juta, Juara II sebesar Rp7,5 juta, dan Juara III senilai Rp5 juta.

"Tidak hanya uang tunai saja, para pemenang juga akan memperoleh trofi serta kesempatan untuk mengunjungi pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III," katanya.

Edi mengatakan, Pelindo III akan bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) untuk pelaksanaan lomba tersebut, dan menghadirkan juri independen dari berbagai latar belakang, mulai dari praktisi komunikasi dan jurnalistik hingga pakar dunia bahari. 

"Juri yang akan menilai antaranya Doni Maulana Arif (Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Timur), Daniel M Rosyid (Dekan Fakultas Teknologi Kelautan ITS Surabaya), Feby Mahendra Putra (Surya), dan Fully Syafi (Fotografer EPA)," katanya.

Terkait tema, Edi mengaku peserta diharuskan membuat karya dengan tema besar "Tantangan Pelindo III Wujudkan Tol Laut Jokowi", tujuannya supaya fokus pada pembangunan sektor maritim yang sedang gencar digaungkan pemerintahan Presiden Jokowi. 

"Kita berharap ajang ini dapat menghasilkan karya-karya jurnalistik yang dapat mendorong dan memperluas wacana juga perhatian masyarakat serta berbagai institusi terkait untuk bersama-sama mewujudkan kebangkitan maritim negeri,” ungkap Edi.

Edi mengaku, perlombaan ini terbuka bagi seluruh jurnalis di Indonesia, baik jurnalis lepas maupun yang bekerja untuk suatu institusi media, dan setiap peserta diperbolehklan mengirimkan tiga karya terbaiknya yang sudah dipublikasikan.

"Untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses situs www.pelindo.co.id dan www.majalahdermaga.co.id. Panitia akan menunggu kiriman karya para jurnalis terbaik Indonesia hingga batas waktu pada 11 November 2016," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016