Bondowoso (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Jawa Timur, mengimbau para pemudik yang melintas di jalur Arak-Arak sepanjang 16 kilometer berhati-hati karena jalur itu  rawan  longsor.

"Kami selalu siaga untuk mengantisipasi jika terjadi banjir maupun longsor di jalur Arak-arak Kawasan Lereng Gunung Argopuro, Kecamatan Wringin," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukuh Triatmoko di Bondowoso, Sabtu.

Ia mengemukakan di jalur Arak-arak tersebut rawan terjadinya longsor dan pohon tumbang, yakni di kilometer 9 hingga kilometer 25 arah Surbaya dari Kota Bondowoso.

Jalur tengah dari Bondowoso ke Surabaya melalui wilayah barat Kabupaten Situbondo itu, kata dia, selama ini kerap terjadi longsor ketika hujan.  Jalur tersebut masih sering terjadi hujan pada siang dan sore hari.

"Kami mengimbau kepada para pemudik untuk tetap waspada saat melintas di jalur Arak-Arak. Selain rawan terjadi longsor, di sana juga rawan terjadi pohon tumbang di sejumlah titik sepanjang jalur tersebut," katanya.

Menurut Kukuh, selama arus mudik Lebaran seluruh jajarannya disiagakan di sejumlah titik rawan longsor dan titik rawan pohon tumbang di Kecamatan Wringin.

"Kami mengimbau juga kepada pengguna jalan yang melintas di Kawasan Gunung Argopuro hati-hati karena masih ada perbaikan jalan sampai saat ini. Namun petugas juga sudah memasang rambu-rambu 50 meter dari lokasi perbaikan jalan," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016