Situbondo (Antara Jatim) - Penyeberangan yang menghubungkan Pelabuhan Jangkar, Situbondo, dengan sejumlah lokasi di Pulau Madura mengoperasikan tiga kapal pada H-7 Lebaran untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang setiap hari terus meningkat.

"Hari ini kami sudah mengangkut sekitar 500 penumpang tujuan Kepulauan Raas, Sumenep, Madura. Ratusan penumpang yang akan pulang ke kampung halamannnya itu diangkut menggunakan tiga kapal," ujar Kepala Pelabuhan Feri Jangkar Juni Dwi Hanggoro di Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Ia mengemukakan bahwa dari ratusan penumpang diangkut menggunakan dua Kapala Motor Penumpang Setya Kencana (KMP Setya Kencana) dan KMP Dharma Kartika yang saat ini sudah mulai beroperasi kembali untuk angkutan mudik Lebaran.

Selain dua kapal motor yang mengangkut pemudik yang rata-rata dari sejumlah kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali tersebut, kata dia, juga diangkut menggunakan Kapal Motor Penumpang Bahari Ekspress. Kapal cepat ini sengaja didatangkan untuk mengangkut penumpang khusus tujuan dari Jangkar ke Raas.

"Khusus KMP Bahari Ekspress mampu mengangkut sekitar 300 penumpang, sedangkan KMP Setya Kencana mengangkut 119 penumpang dan KMP Dharma Kartika sebanyak 215 penumpang," katanya.

Menurut Juni, KMP Bahari Ekspress hanya akan beroperasi satu hari saja. Hal itu karena KMP Dharma Kartika dan KMP Setya Kencana dinilai masih mampu menampung atau mengangkut pemudik tujuan dari Jangkar ke Raas, Madura.

"Dengan beroperasinya kembali KMP Dharma Kartika tentu pemudik dapat terangkut hingga Lebaran nanti. Kami juga akan menambah jadwal berlayar ke Raas untuk dua kapal yang biasanya dua kali menjadi tiga kali jadwal berlayar atau total semuanya menjadi enam trip," paparnya.

Ia menambahkan, KMP Dharma kartika dan KMP Setya Kencana pada hari ini diberangkatkan dari Pelabuhan Jangkar menuju Kepulauan Raas, Madura, secara bergiliran.

"KMP Setya Kencana bertolak dari Pelabuhan Jangkar pukul 07:00 WIB dan KMP Dharma Kartika diberangkatkan pukul 08:30 Wib. Sedangkan kapal cepat Bahari Ekspress diberangkatkan paling terakhir, yakni pukul 11:00 WIB," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016