Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep menginspeksi kondisi bus yang berada di Terminal Arya Wiraraja di Kecamatan Kota, Selasa.

"Ini untuk memastikan semua bus yang beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016 dalam kondisi laik jalan," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep, M Fadillah di Sumenep, Jawa Timur, Selasa.

Inspeksi kondisi bus yang digagas pimpinan Dishub Sumenep itu melibatkan polisi dari fungsi satuan lalu lintas.

Sejumlah staf Dishub Sumenep langsung memeriksa atau mengecek kondisi ban, lampu, kelaikan rem, dan gerak wiper bus.

Sementara polisi memeriksa surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNKB), surat izin mengemudi (SIM) milik sopir, dan dokumen uji kir.

"Kami juga meminta kru bus, utamanya sopir bisa menjaga kondisi tubuh dan kesehatannya supaya selalu dalam kondisi prima ketika mengemudikan bus," kata Fadillah.

Ia juga mengemukakan, inspeksi itu bersifat mendadak dan insidental untuk menunjang pemeriksaan rutin kondisi bus yang secara berkala dilakukan jajarannya.

Sesuai data di Dishub Sumenep, jumlah bus yang siap beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2016 sebanyak 308 unit, baik bus antarkota dalam provinsi (AKDP) maupun bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Rinciannya: delapan bus AKAP, 76 bus AKDP berfasilitas mesin pendingin ruangan (Patas), dan 224 bus AKDP tanpa fasilitas mesin pendingin ruangan.

Bus AKAP yang beroperasi di Sumenep melayani rute Sumenep-Jakarta dan sekitarnya, sementara bus AKDP ke sejumlah kota/kabupaten di Jawa Timur. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016