Sidoarjo (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo Jawa Timur Saiful Ilah mendorong kepada masyarakat di kabupaten setempat untuk melakukan penguatan pada sektor usaha kecil menengah (UKM) terutama untuk menghadapi masuknya barang-barang dari luar negeri.

"Pelaku usaha kecil menengah di Kabupaten Sidoarjo ini harus diperkuat, karena salah satu penopang penguatan ekonomi yang ada di Sidoarjo ini berasal dari sektor UKM," katanya saat membuka kegiatan pasar murah di Halaman Markas Komando Pasukan Marinir I di Gedangan Sidoarjo, Jumat.

Ia mengemukakan, pada saat ini tidak menutup kemungkinan barang-barang dari luar negeri bisa dengan mudah masuk ke Indonesia dan juga di Kabupaten Sidoarjo.

"Oleh karena itu kami juga meminta kepada para pelaku UKM supaya tidak menjadi pembeli atau penonton saja. Pelaku UKM harus mampu menjual barang-barang produksinya keluar negeri," katanya.

Ia mengatakan, saat ini terdapat beberapa produk standar ekspor yang dibuat di Sidoarjo salah satunya adalah produk alas kaki yang saat ini sudah menembus pasar internasional.

"Waktu saya ke Amerika, saya melihat melihat salah satu produk yang dijual merupakan produk Indonesia yang berasal dari Sidoarjo," katanya bangga.

Ia mengatakan, penguatan ekonomi yang bisa diberikan oleh pemerintah salah satunya pemberian kredit lunak dan juga kredit dengan bunga rendah untuk memacu pelaku usaha supaya bisa berkembang dan lebih maju lagi.

"Salah satu yang sudah berjalan saat ini adalah pinjaman tanpa agunan untuk nilai dibawah Rp10 juta dan agunan 30 persen untuk pinjaman di atas Rp10 juta dari pemerintah," katanya.

Sementara itu, Komandan Pasukan Marinir I Gedangan Sidoarjo Brigjen Mar Lukman H sangat mengapresiasi kegiatan pasar murah yang berlangsung di tempatnya ini.

"Silahkan lokasi ini dipergunakan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan masyarakat, kami akan sangat mendukung," katanya.

Pada kegiatan itu juga diserahkan, sertifikat hak atas tanah pelaku UKM, pemberian sertifikat pelaku usaha, dan juga pencairan dana pinjaman bergulir serta pemberian bantuan bahan pokok kepada keluarga kurang mampu di Kecamatan Gedangan Sidoarjo.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016