Malang, (Antara Jatim) - Kota Malang, menjadi salah satu nominator peraih Adipura Paripurna 2016 bersama 11 kota/kabupaten lainnya di Indonesia dan sebagian besar dari Jawa Timur, yakni Kota Madiun, Kabupaten Jombang, Kota Surabaya, Kabupaten Nganjuk, Tumungagung, dan Lamongan.

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepedulian dan capaian terkait kondisi lingkungan dan kebersihan di Kota Malang tersebut, Wali Kota Malang Moch Anton memnuhi undangan wawancara yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Auditorium Manggala Wanabhakti Jakarta, Kamis (23/6).

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, di ajang penganugerahan Adipura ini Kota Malang akan bersaing ketat dengan Kota Balikpapan dan Kota Surabaya, namun jika dilihat dari nominasi yang ada, tujuh dari 12 nominator berasal dari Jawa Timur, sehingga peluang Piala Adipura Paripurna untuk jatuh di Jawa Timur menjadi sangat besar," kata Wali Kota Malang Moch Anton dalam paparannya.

Ia mengatakan berbagai program dan terobosan di bidang lingkungan hidup terus digalakkan Pemkot Malang, mulai dari peningkatan kualitas udara dan air, pengelolaan ruang terbuka hijau RTH), pengelolaan sampah, serta berbagai terobosan lainnya di bidang lingkungan hidup.

"Semoga berbagai upaya yang telah kami lakukan tidaklah sia-sia, tidak semata-mata untuk meraih penghargaan Adipura Paripurna 2016, namun lebih pada kecintaan dan kesadaran kita pada pelestarian lingkungan hidup dan menjaga kebersihan di Kota Malang," ucapnya.

Dalam paparannya, Anton juga menyampaikan rasa syukurnya atas kesempatan yang telah diberikan kali ini untuk meraih anugerah Adipura Paripurna. "Ucapan terima kasih juga saya sampaikan pada masyarakat Kota Malang atas peran serta aktifnya untuk menjaga lingkungan dan berinovasi di bidang lingkungan hidup, sehingga mampu menembus nominasi Adipura Paripurna," katanya.

Selain Kota Malang dan sejumlah kota/kabupaten di Jawa Timur, ada beberapa kota/kabuapten yang juga menembus nominasi Adipura Paripurna, yakni Kota Tangerang, Kota Balikpapan, Kota Semarang, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Banjar (Martapura).

Adipura Paripurna merupakan tingkatan tertinggi dari penganugerahan di bidang lingkungan hidup. "Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Kota Malang karena dapat menjadi salah satu nominator dari 12 kota/kabupaten se-Indonesia," kata Antpn.

Kota Malang sudah berulangkali masuk nominasi meraih Piala Adipura Kencana,  namun selalu gagal karena beberapa hal. Salah satu item yang menggagalkan Adipura Kencana itu adalah masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah di sungai, sehingga sungai menjadi kotor.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016