Surabaya, (Antara Jatim) - Dirjen Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Esdm I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah SPBU di Kota Surabaya, Jawa Timur untuk melihat stok BBM yang ada jelang arus mudik 2016 di wilayah setempat.

"Inspeksi ini bertujuan untuk meyakinkan masyarakat terkait stok BBM di bulan Puasa dan Lebaran, agar tercipta situasi tenang pada saat puncak arus mudik. Dan yang kita inspeksi seperti adanya tambahan stok BBM, mobil-mobil tangki serta beberapa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU)," ucap Nyoman, ditemui di sela Sidak di Surabaya, Rabu.

Menurut Nyoman, secara umum Pertamina siap melayani kebutuhan BBM selama arus mudik 2016, dan terbukti dengan menyediakan tambahan sebesar 20 persen dari konsumsi normal yang ada di Jatim.

"Memang ada kecendrungan peningkatan konsumsi setiap momen Lebaran, dan tahun ini diprediksi meningkat sebesar 20 persen. Namun demikian, Pertamina Marketing Operation Region V Jawa Timur sudah menyiapkan tambahan tersebut," katanya.

Nyoman mengatakan adanya peningkatan konsumsi BBM pada setiap momen Lebaran menunjukkan membaiknya ekonomi masyarakat, yang juga membaiknya ekonomi nasional.

"Ini merupakan peningkatan yang bagus, sebab menunjukkan membaiknya perekonomian nasional dengan adanya peningkatan konsumsi BBM setiap momen Lebaran," ujarnya. 

Sementara itu, dalam pelaksanaan sidak Nyoman mendatangi sejumlah SPBU di kawasan Tanjung Perak Surabaya, serta didampingi General Manager Pertamina MOR V Ageng Giriyono, dan beberapa jajaran Pertamina Jatim. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016