Sumenep (Antara Jatim) - Jumlah pengiriman paket, baik berupa barang maupun uang, di Kantor Pos Sumenep, Jawa Timur, dalam dua pekan selama Ramadhan meningkat dibanding hari-hari biasa.

"Peningkatan jumlah transaksi atau item di masing-masing paket itu berbeda. Namun, kalau dihitung secara keseluruhan dan dirata-rata, peningkatannya sekitar 20 persen," ujar Kepala Kantor Pos Sumenep, Suhartono Anton Sujarwo di Sumenep, Rabu.

Selama dua pekan masa Ramadhan (6-19/6), kata dia, jumlah pengiriman paket barang dari Sumenep ke luar daerah tercatat sebanyak 3.652 item.

Sementara jumlah paket barang dari luar daerah ke Sumenep tercatat sebanyak 6.005 item.

"Itu untuk transaksi domestik. Sementara untuk luar negeri, jumlah paket barang yang keluar sebanyak 19 item dan paket barang masuk sebanyak 7 item," ucapnya.

Untuk paket uang di dalam negeri atau domestik, jumlah pengiriman dari Sumenep ke luar daerah tercatat sebanyak 539 transaksi dengan nilai uang sebesar Rp1,59 miliar lebih.

Sementara jumlah pengiriman dari luar daerah ke Sumenep sebanyak 729 transaksi dengan nilai uang sebesar Rp1,86 miliar lebih.

"Untuk pengiriman paket uang dari luar negeri ke Sumenep, selama dua pekan pada masa Ramadhan ini tercatat sebanyak 411 transaksi dengan nilai uang sebesar Rp1,99 miliar lebih," kata Anton, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, puncak peningkatan pengiriman paket barang maupun uang di Kantor Pos Sumenep biasanya terjadi pada pekan keempat Ramadhan.

"Itu sesuai pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya. Secara internal, kami telah melakukan persiapan untuk menghadapi puncak peningkatan pengiriman paket barang maupun uang tersebut," ujarnya. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016