Pamekasan (Antara Jatim) - Provider telepon seluler XL Axiata menambah tujuh tower di Pulau Madura, Jawa Timur, guna mengantisipasi lonjakan trafik semua jenis layanan komunikasi selama Labaran 1437 Hijriiyah.

"Tujuh tower yang kami bangun guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, menjelang, dan di saat Lebaran itu, di semua kabupaten yang ada di Madura ini," kata Regional Sales Manajer XL Axiata Madura Abdul Muidz kepada Antara di Pamekasan, Rabu.

Ia menjelaskan, penambahan tower XL Axiata itu umumnya ditempatkan di lokasi ramai pengunjung selama Lebaran, di antaranya  tempat wisata.

"Kalau di Sampang kita taruh di Pantai Camplong sedangkan di Sumenep kita taruh di Pantai Lombang," kata pria yang akrab disapa "Aat" ini.

Selain itu, pihaknya juga melakukan peningkatan kualitas pada data dan telepon dari sebelumnya pelanggan hanya 2 hingga 5 Mbbs, namun saat ini sudah bisa mencapai 10 sampai 15 Mbbs.

"Peningkatan ini, mulai Selasa (21/6)," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lonjakan trafik komunikasi biasanya terjadi sejak H-3 hingga H+7 Lebaran. 

"Tertingginya pada H-1, hari H Lebaran, lalu H+1 hingga H+7 atau hingga Lebaran Ketupat," terang Aat.

Menurut Abdul Muidz berdasarkan pengalaman Lebaran tahun lalu, peningkatan trafik komunikasi pengguna XL Axiata di Madura selama Lebaran hingga 180 persen dibanding hari-hari normal. 

Hal ini terjadi, karena selain pengguna XL di Pulau Garam itu, memang dominan, yakni sekitar 35 persen dari total pelanggan XL se-Jawa Timur juga karena banyak pendatang atau keluarga warga Madura yang juga menggunakan kartu XL mudik ke kampung halamannya di Madura.

"Jumlah pelanggan XL di Pulau Madura ini nomor satu di Jawa Timur, mengalahkan Kota Surabaya, yakni sekitar 2 juta pelanggan lebih," katanya menambahkan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016