Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik Bupati Tuban Fathul Huda dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein untuk periode 2016-2021 di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Senin.

"Selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Tuban, dan saya percaya mampu melaksanakan tugas serta amanat yang diberikan oleh rakyat," ujar Gubernur Jatim Soekarwo disela pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

Bupati dan Wakil Bupati Tuban kali ini merupakan pasangan bupati petahana yang kembali dipercaya masyarakat Tuban pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), 9 Desember 2015.

Karena masa jabatan keduanya baru berakhir pada Juni 2016 maka tidak diikutkan saat pelantikan pasangan bupati-wakil bupati secara serentak, Februari lalu.

Pakde Karwo, sapaan akrab Gubernur Jatim, mengingatkan bahwa maju dan tidaknya suatu daerah, sekitar 50 persennya dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan sehingga harus benar-benar menjalankan fungsinya sebagai kepala daerah.

Selain itu, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga menyarankan bahwa pemerintah di daerah harus memiliki daya saing demi kemajuan sekaligus kepentingan masyarakat.

"Ada tiga faktor agar pemerintahan memiliki daya saing, yaitu sumber daya manusia (SDM) berkualitas, pembenahan insfrastruktur dan perbaikan pelayanan publik," ucapnya.

Ketiganya, lanjut dia, harus dijalankan bersama-sama sehingga pertumbuhan dan pembangunan, khususnya Kabupaten Tuban, menjadi lebih baik serta berkualitas di masa mendatang.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda ketika ditemui usai pelantikan mengaku bersyukur dan siap mengemban tugas dari rakyat setempat untuk yang kedua kalinya.

"Fokus saya hanya satu, yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat Tuban dan mengentasnya dari kemiskinan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga pelantikan Ketua PKK Tuban Qodiriyah Fathul Huda oleh Ketua PKK Tuban Nina Kirana Soekarwo.

Dalam kesempata itu, hadir juga pimpinan DPRD Tuban, Kepala SKPD Tuban, Forkopimda Tuban, serta sejumlah Kepala SKPD Provinsi Jawa Timur   (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016