Sampang (Antara Jatim) - Sebanyak 745 sekolah dari berbagai tingkatan pendidikan, yakni mulai tingkat SD hingga SMA dan SMK di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, Kamis, serentak menggelar pondok Ramadhan.

Menurut Kabid Kurikulum Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang Arif Budiansor di Sampang, Kamis, kegiatan pondok Ramadhan itu sebagai upaya untuk meningkatkan wawasan siswa tentang agama dan kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari.

"Hari ini merupakan hari pertama dan kegiatan pondok Ramadhan serentak ini akan berakhir pada 11 Juni 2016," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan pondok Ramadhan itu merupakan hasil keputusan bersama antara Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang.

"Tujuannya, selain untuk meningkatkan wawasan siswa dalam bidang pendidikan agama, pondok Ramadhan ini juga dimaksudkan untuk membina peserta didik tentang ahlaq dan berbagai bentuk praktik ibadah," katanya.

Disdik memberikan kebebasan kepada sekolah menyelenggarakan pondok Ramadhan sesuai keinginan masing-masing sekolah.

Ada yang menyelenggarakan pondok Ramadhan seperti kegiatan belajar mengajar pada umumnya, yakni mulai pagi hingga siang, tapi ada juga lembaga pendidikan yang menyelenggarakan hingga sore, atau berbuka puasa di sekolah.

"Ada juga yang menyelenggaran pondok Ramadhan dengan cara menginap di sekolah, dalam artian berbuka puasa dan sahur di sekolah, termasuk melaksanakan shalat tarawih di sekolah," katanya, menjelaskan.

Menurut Arif Budiansor, kegiatan efektif fakultatif selama Ramadhan memang hanya berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 9 sampai 11 Juni 2016.

Selanjutnya memasuki libur semester serta  persiapan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Siswa akan kembali masuk sekolah pada tanggal 18 Juli 2016. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016