Sumenep (Antara Jatim) - Harga daging sapi di Pasar Anom Baru di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, pada awal pekan ini mengalami penaikan dibanding pekan lalu.

"Sesuai laporan hasil pemantauan harga yang kami terima dari staf, harga daging sapi Rp120 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp110 ribu," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, R Heni Yulianto di Sumenep, Jawa Timur, Senin.

Selain itu, harga daging ayam kampung dan broiler juga terpantau naik, yakni dari sebelumnya Rp75 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu dan Rp32 ribu per kilogram menjadi Rp34 ribu.

"Kami menduga penaikan harga yang terjadi pada komoditas sejumlah daging itu diakibatkan tingginya permintaan konsumen. Maklum, ini sudah masuk masa Ramadhan dan biasanya permintaan daging memang meningkat," ujarnya. 

Sementara harga komoditas lainnya terpantau turun, di antaranya cabai besar keriting, cabai besar biasa, cabai kecil biasa, bawang merah, dan bawang putih.

Harga cabai besar keriting turun dari Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp17 ribu, cabai besar biasa dari Rp24 ribu menjadi Rp22 ribu, dan cabai kecil biasa dari Rp17 ribu menjadi Rp16 ribu.

Harga bawang merah yang sebelumnya berkisar Rp33 ribu hingga Rp34 ribu per kilogram menjadi Rp32 ribu, dan bawang putih dari Rp33 ribu menjadi Rp32 ribu.

"Untuk harga gula pasir tetap sejak awal pekan lalu, yakni Rp16 ribu per kilogram. Begitu juga harga minyak goreng curah yang tidak mengalami perubahan sejak beberapa pekan lalu, yakni Rp12 ribu per kilogram," kata Heni, menerangkan.

Disperindag Sumenep memantau harga kebutuhan pokok di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai lokasi pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016