Bojonegoro (Antara Jatim) - Sejumlah pedagang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyediakan beras zakat fitrah dengan berat 2,5 kilogram dan 2,7 kilogram dengan harga masing-masing Rp23.500 dan Rp25.000 sebagai persiapan melayani konsumen pada Hari Raya Idul Fitri.
     
Seorang pedagang beras di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro Kharis, Sabtu, menjelaskan sudah memesan paket beras 2,5 kilogram sebanyak 15 ton dan 2,7 kilogram sebanyak 4 ton di pengemasan beras di Tuban.
     
Pesanan paket beras zakat fitrah itu, lanjut dia, dilakukan karena paket beras zakat kemasan 2,5 kilogram di tempatnya sudah habis dibeli konsumen.
     
"Pembelinya dari berbagai lapisan masyarakat dan hotel untuk dibagikan kepada karyawannya menjelang Puasa Ramadhan," jelas dia.
     
Oleh karena itu, ia optimistis beras zakat fitrah baik berat 2,5 kilogram dan 2,7 kilogram akan habis pada Hari Raya Idul Fitri. 
     
Ia memberikan gambaran pada Hari Raya Idul Fitri tahun lalu mampu menghabiskan beras zakat fitrah lebih dari 15 ton.
     
"Saat ini sudah banyak pemesannya dari perseorangan, bahkan biasanya nanti dari instansi juga memesan mendekati Hari Raya Idul Fitri," ucapnya, menegaskan.
     
Menurut dia, beras khusus zakat fitrah dalam bentuk paketan sudah berjalan cukup lama termasuk beras zakat fitrah 2,7 kilogram.
     
"Pembeli beras 2,7 kilogram rata-rata takut kalau paket beras 2,5 kilogram kemungkinan masih kurang," tandasnya. 
     
Ia menyebutkan penjualan berasnya meningkat menjadi 8 ton per harinya, lebih banyak dibandingkan dengan dalam kondisi normal yang hanya sekitar 5 ton per hari.
     
"Peningkatan penjualan beras sejak sepekan terakhir," ucapnya, menambahkan.
     
Hal senada disampaikan seorang pedagang beras lainnya Sakip juga Ny. Indah yang menyatakan pembeli beras zakat fitrah ditempatnya tidak hanya yang dalam bentuk paket 2,5 kilogram, tapi juga beras biasa.
     
"Beras yang ditimbang 2,5 kilogram kemudian ditempatkan di wadah tas plastik harganya lebih murah dibandingkan beras paketan," ucap Sakip, menambahkan.
     
Sesuai data di Pasar Banjarjo dan Pasar Kota, menyebutkan harga beras kualitas premium Rp8.500 per kilogram, beras rastra Rp7.300 per kilogram dan beras kualitas super berkisar Rp9.500-Rp10.500 per kilogram. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016