Bojonegoro (Antara Jatim) - Sejumlah pedagang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan harga sejumlah bahan pokok stabil, meskipun permintaan masyarakat dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi menjelang Puasa Ramadhan.
     
"Harga sejumlah bahan pokok tetap stabil tinggi tidak ada perubahan dalam sepekan terakhir," kata seorang pedagang pracangan di Pasar Banjarjo, Kecamatan Kota, Bojonegoro Ny. Endang, Sabtu.
     
Menurut dia, permintaan sejumlah komoditas, antara lain, telur, minyak curah, gula, juga lainnya, masih cukup tinggi, karena banyak masyarakat yang memiliki hajatan menyambut datangnya Puasa Ramadhan.
     
"Meskipun permintaan sejumlah komoditas tinggi, tapi harga tidak naik," ucapnya, menegaskan.
     
Ia menyebutkan harga telur Rp21.500 per kilogram, gula Rp15.500 per kilogram, dan minyak curah Rp9.000 per liter. 
     
Selain itu harga komoditas lainnya yang stabil tinggi yaitu bawang merah Rp40.000 per kilogram, bawang putih Rp31.000 per kilogram dan kacang tanah berkisar Rp25.000-Rp30.000 per kilogram.
     
"Harga telur beberapa hari lalu sempat turun Rp1.000 per kilogram, tapi kemudian naik lagi," ujarnya.
     
Ia memperkirakan harga sejumlah komoditas itu tetap akan stabil tinggi memasuki Puasa Ramadhan, kecuali harga telur yang biasanya turun disebabkan permintaan turun.
     
"Tapi turunnya harga telur juga tidak lama. Biasanya mendekati Hari Raya Idul Fitri akan naik lagi," katanya, menegaskan.
     
Hal senada disampaikan seorang pedagang palawija di Pasar Kota, Bojonegoro Ny. Nita, yang menyebutkan harga kedelai lokal dan impor naik menjadi Rp7.500 per kilogram, yang semula Rp6.200 per kilogram.
     
Tapi, katanya, harga jagung kuning tetap stabil Rp5.000 per kilogram dan harga jagung putih Rp5.5000 per kilogram.
     
"Harga beras tetap stabil untuk kualitas premium berkisar Rp8.500-Rp8.700 per kilogram," ucapnya, menambahkan. 
     
Data di Pasar Kota dan Pasar Banjarjo menyebutkan harga beras kualitas premium Rp8.500 per kilogram, beras rastra Rp7.300 per kilogram dan harga beras kualitas super berkisar Rp9.500-Rp10.500 per kilogram.  

Kasi Usaha dan Sarana Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bojonegoro Didik Hari S, menjelaskan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, akan menggelar operasi pasar di tiga lokasi yaitu Pasar Banjarjo, Kedungadem dan Dander, dengan menjual beras, gula dan minyak curah selama Puasa Ramadhan.
     
"Operasi pasar yang digelar ini untuk menstabilkan harga selama Puasa Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri," tandasnya.  (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016