Pamekasan (Antara Jatim) - Bupati Pamekasan, Jawa Timur, Achmad Syafii memastikan, persediaan kebutuhan bahan pokok aman selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Ini sesuai dengan rapat koordinasi lintas SKPD yang kami gelar dalam rangka persiapan Ramadhan. Semua aman, dan kita sudah siap," kata Achmad Syafii di Pamekasan, Minggu.

Bupati menjelaskan, kesiapan menghadapi Ramadhan tidak hanya pada kebutuhan bahan pokok semata, akan tetapi juga kebutuhan lainnya, seperti bahan bakar minyak (BBM), dan ketersediaan pasokan listrik.

Menurut bupati, pihaknya juga menginstruksikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), serta dinas kesehatan agar rutin melakukan pemantauan selama Ramadhan.

"Pemantauan yang harus dilakukan bukan hanya ketersediaan barang, akan tetapi juga kemungkinan adanya upaya permaian oleh pedagang," katanya.

Mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini lebih lanjut menjelaskan, selama bulan suci Ramadhan, pemkab juga akan menggelar bazar Ramadhan dengan dinas pelaksana adalah Dinas Koperasi dan UKM.

"Bazar murah ini, nantinya akan memasarkan produk hasil kerajinan masyarakat Pamekasan, dan ini tentunya juga sebagai upaya pemberdayaan bagi para pelaku UMKM di Pamekasan," katanya.

Sesuai rencana, bazar murah Ramadhan yang ada digelar Pemkab Pamekasan ini akan ditempatkan di lahan kosong di dekat Dinas Koperasi dan UMK di Jalan Jokotole, Pamekasan.

Selama Ramadhan, kata dia, juga akan ada pengurangan jam kerja, yakni dari biasanya masuk pukul kantor 07.00 WIB dan pulang pukul 16.00 WIB, saat Ramadhan masuk pukul 08.00 WIB dan pukul pukul 15.00 WIB. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016