Surabaya, (Antara Jatim) -  PT Petrokimia Gresik berencana mengembangkan pasar swalayan hayati modern yang menjual segala produk pertanian dan riset perusahaan di sepuluh lokasi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya petani.
     
Manajer Riset Pupuk dan Produk Hayati PT Petrokimia Gresik Endang Sri Nuraini Hadi, Kamis , mengatakan pasar swalayan itu sebelumnya sudah ada dengan nama Petromart yang berlokasi di Jalan Noto Prayitno Kawasan Industri Kabupaten Gresik.
     
"Petromart adalah salah satu inovasi dari Petrokimia Gresik berupa pasar swalayan hayati modern, dan didesain khusus untuk menjual hasil riset perusahaan dan produk pertanian di Indonesia " ucap Endang dikonfirmasi dari Surabaya.
      
Keberadaannya, kata Endang, akan dikembangkan karena sudah mulai banyak diminati di beberapa daerah, terbukti proposal pengajuan untuk membuka gerai Petromart sudah banyak yang masuk dan menumpuk di kantor Petrokimia Gresik.
     
"Sudah banyak yang mengantri untuk membuka gerai tersebut di daerah, namun masih kita seleksi dulu. Kita harus ikuti prosedur dan ketentuan yang ada sebelum membuka gerai tersebut," ucapnya.
     
Endang mengatakan untuk pengembangan tahap awal akan dibuka sebanyak 10 gerai Petromart di berbagai daerah, namun masih melihat terlebih dahulu potensi lokasi dan peluang pasarnya.
     
"Untuk lokasinya masih menunggu hasil seleksi dari pengajuan yang masuk, dan sistem gerai yang tersebar nantinya sebagai cabang dari gerai yang ada di Gresik, dan produk yang dijual pun sama dari inovasi Petrokimia Gresik," katanya. 
     
Sementara itu, untuk produk dan inovasi pertanian yang dijual di Petromart Gresik antara lain Pupuk NPK Kebomas khusus untuk ubi kayu, NPK Kebomas untuk horti, Petromina (NPK khusus untuk tambak). Petro Biofertil (pupuk hayati dengan 5 mikroba).
     
Selain itu, berbagai macam pro biotik untuk hewan ternak dan ikan, seperti Petro Chick untuk ayam, Petro Biofeed untuk ruminansia (sapi, domba, dan lain-lain) dan Petro Fish untuk ikan. 
     
Ditambah berbagai macam benih seperti benih jagung Petro Hi-Corn, benih padi Petro Seed, benih cabai Petro Chili, serta juga menjual berbagai macam hasil olahan pertanian seperto Petro Cassava dan Yoghurt yang merupakan modifikasi tepung singkong sebagai pengganti tepung terigu.
     
"Petromart juga menjual berbagai macam produk herbisida, insektisida dan pestisida untuk menanggulangi penggangu tanaman," ucapnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016