Surabaya (Antara Jatim) - DPC Partai Gerindra Kota Surabaya menyiapkan kadernya menjadi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang dipersiapkan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah diberlakukan pada 2016.
    
"DPP sudah membuat wadah dengan membentuk Koperasi Garudayaksa Nusantara (KGN), maka tugas DPC menyiapkan kader Gerindra Surabaya untuk menjadi pelaku UMKM," kata Ketua Panitia Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan Kader Penggerak Partai Gerindra Kota Surabaya Salies Aprilianto di Surabaya, Minggu.
    
Untuk itu, lanjut dia, kurang lebih 318 kader DPC Partai Gerindra Surabaya mengikuti pendidikan politik dan pelatihan di bidang usaha hingga memiliki kegiatan ekonomi yang bisa membangkitkan kekuatan ekonomi baru bagi gerakan partai.
    
Pendidikan dan Pelatihan yang dilaksanakan di Trawas Mojokerto, Sabtu (21/5) itu dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi UMKM dan Ekonomi Kreatif DPP Partai Gerindra Marwah Daud Ibrahim .
    
Sementara itu, Sekertaris DPC Gerindra Surabaya AH Thony menjelaskan Pendidikan dan Pelatihan yang nanti berlanjut, yaitu membuat handycraft, membuka warung hingga memproduksi makanan.
    
"KGN ini merupakan penunjang. Kreatifitas usaha bisa berupa apa saja, terserah kemampuan dan potensi yang dimiliki daerah. Sekarang ini, UMKM yang dapat berjalan yaitu usaha tas wanita dan bakso," kata AH Thony.
    
Marwah Daud Ibrahim memberikan sosialisasi Koperasi Garudayaksa Nusantara(KGN) yang menunjang terwujudnya UMKM bagi kader Gerindra. KGN memiliki sejumlah unit usaha sebagai bentuk perhatian terhadap UMKM, petani, peternak dan nelayan.
    
Menurut dia, koperasi tersebut mengena ke sejumlah sasaran unit usaha sebagai wujud memberikan solusi perekonomian yang diakuinya sedang berat di tengah masyarakat. KGN yang pendekatan utamanya melalui gerakan sembilan bahan pokok (sembako), salah satu contohnya membuka warung.
    
Pendidikan dan pelatihan usaha yang dilaksanakan oleh DPC Gerindra Surabaya, kata dia, sangat dibutuhkan untuk menyosialisasikan program DPP dan kegiatan ekonomi partai, melalui kader Gerindra di masing-masing daerah. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016