Malang (Antara Jatim) - Komandan Kodim 0833 Kota Malang Letkol (Arm) Aprianko mengemukakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-96 akan menguatkan kembali semangat gotong royong di lingkungan masyarakat, prajurit TNI dan pemerintah.

"Sinergitas dan kemanunggalan dalam frame gotong royong perlu digalakkan kembali sehingga menghasilkan hal yang bermanfaat, apalagi selama ini sifat gotong royong di masyarakat mulai mengendur. Dengan adanya TMMD ini diharapkan semangat gotong royong bisa menguat kembali," kata Aprianko di sela pembukaan kegiatan TTMD di Kelurahan Balearjosari, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu.

Kegiatan TMMD di Kelurahan Balearjosari itu berlangsung mulai 22-25 Mei 2016. Sebanyak 450 prajurit TNI dari lintas satuan dikerahkan untuk membangun berbagai fasilitas umum bersama masyarakat. Kegiatan tersebut di antaranya pemavingan jalan, pembangunan kawasan sungai, renovasi mushalla, pengobatan gratis, dan penyuluhan antinarkoba.

Wakil Wali Kota Malang Sutiaji mengaku jika agenda ini adalah momentum dalam meningkatkan pembangunan, baik berupa fisik maupun nonfisik kepada masyarakat. "Kegiatan ini menunjukkan jika TNI dan jajaran pemerintahan sangat dekat dengan warga," kata Sutiaji.

Dalam kesempatan itu, Sutiaji berpesan kepada warga dan prajurit agar hati-hati dalam melakukan seluruh kegiatan fisik, seperti pembenahan sungai karena sangat rawan adanya kecelakaan kerja. "Jika terjadi sesuatu, personel Dinas Kesehatan sudah siap untuk membantu warga," ucapnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Malang Arif Wicaksono juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Dewan berharap aksi nyata untuk publik ini tidak hanya dilakukan satu tahun sekali, namun bisa dilakukan enam bulan sekali.

"Tentunya dari DPRD kita akan suport jika ada pengajuan anggaran untuk pembangunan yang memiliki efek positif seperti ini," kata politisi PDIP tesrebut.

Selain Wakil Wali Kota Malang Sutiaji dan Dandim 0633 Letkol (Arm) Aprianko, pembukaan kegiatan TMMD juga dihadiri Ketua DPRD Kota Malang Arif Wicaksono, Ketua Komisi C Bambang Sumarto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Pengawasan Bangunan (DPUPPB)  Djarot Eddy Sulistyono dan Camat Blimbing Alie Mulyanto.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016