Surabaya (Antara Jatim) - Grup musik yang banyak membawakan lagu-lagu religi, Bimbo, belum memikirkan untuk menciptakan lagu baru dalam waktu dekat ini karena prihatin terhadap perkembangan industri musik Indonesia yang banyak dibajak oleh pihak-pihak tertentu.

"Sekarang lagu belum keluar, tapi sudah beredar dan banyak pembajakan," ujar salah seorang personelnya, Sam Bimbo, ketika ditemui usai memberikan tausiyah setelah Shalat Jumat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat.

Menurut dia, fenomena itu membuat musik Indonesia tak berkembang sehingga menyebabkan industri rekaman tidak sedikit yang ambruk.

Dalam sejumlah konser dan penampilan ke depannya, kata dia, Bimbo masih akan membawakan lagu-lagu andalannya yang sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Beberapa lagu-lagu religi yang membawa nama Bimbo menjadi grup legendaris antara lain berjudul "Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya", "Sajadah Panjang", "Rindu Kami Padamu", "Tuhan" dan lain-lain.

"Lagu-lagu itu juga yang akan kami bawakan saat Konser dan Tausiyah Menyambut Ramadan 1437 Hijriyah di Jatim Expo pada Sabtu, 21 Mei 2016," ucap Jaka Bimbo, personel lainnya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir satu personel lainnya adalah Acil Bimbo, yang mengaku penampilan di Jatim ini merupakan satu kegiatan menjelang 50 tahun Bimbo berdiri.

"Insya Allah pada 2017 tepat 50 tahun usia Bimbo. Sebenarnya juga kami ada yang menjadi panitia Ramadan di Masjid Agung Bandung, tapi kami sempatkan tampil di Jatim dan bersilaturahim dengan masyarakat di sini," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf yang mendampingi dan menjadi panitia kegiatan tausiyah mengaku salut dan mengapresiasi karya-karya Bimbo karena penuh makna kehidupan.

"Di antaranya mengingatkan bahwa ibadah adalah yang di dalamnya berkaitan dengan kesalehan sosial, bukan semata untuk kepentingan pribadi," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Terkait konser jelang Ramadan, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut mengatakan bahwa puasa adalah bulan andalan umat Islam sehingga menjadi sangat istimewa dan wajib dimanfaatkan dengan baik.

"Semoga kehadiran Bimbo kali ini sekaligus untuk mengajak umat Islam bisa merasakan momen menjelang kedatangan bulan puasa," kata mantan ketua umum Gerakan Pemuda Ansor tersebut.

Bersama ratusan jamaah di selasar masjid, Bimbo dan Gus Ipul berkesempatan membawakan penggalan bait dari lagu berjudul "Sajadah Panjang" diiringi petikan akustik gitar oleh Jaka Bimbo. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016