Surabaya (Antara Jatim) - Produk peralatan elektronik rumah tangga AQUA Japan Indonesia meluncurkan inovasi terbarunya berupa Racooon (mesin cuci tanpa air), COTON Handy Washer (mesin cuci sebesar telapak tangan),  Kulkas Slim Beauty 2, dan Mesin Cuci Hijab Series dengan menyasar pasar di Kota Surabaya.
    
President Director AQUA JAPAN Indonesia Kenji Sadayuki, di Surabaya, Selasa, mengatakan pihaknya optimistis pengembangan pangsa pasar produknya mampu mencapai 30 persen di Jawa Timur, khususnya Surabaya.
    
"Surabaya merupakan pasar terbesar kedua di Indonesia yang memiliki indikasi pertumbuhan ekonomi yang membaik di tahun 2016," katanya.
    
Menurut dia, semakin baik tingkat pertumbuhan ekonomi di Surabaya turut mendorong berkembangnya kebutuhan produk elektronik peralatan rumah tangga sesuai gaya hidup terkini masyarakat di Jawa Timur, khususnya Surabaya.
    
"Saat ini kami menguasai sekitar 10 persen pangsa pasar di Indonesia dan menargetkan untuk dapat meningkatkan hingga dua kali lipat di tahun 2018," katanya.
    
Menurut dia, Surabaya dengan jumlah populasi yang cukup besar menjadi salah satu potensi menguatnya kebutuhan akan inovasi terbaik peralatan rumah tangga untuk sehari-harinya.
    
Ia mengatakan di Vietnam, AQUA Japan berhasil menjadi merek elektronik nomor 1, dan di Indonesia AQUA Japan menargetkan posisi 3 besar untuk kategori produk elektronik rumah tangga.  
    
Salah satu inovasi teknologi Jepang yang disiapkan AQUA Japan adalah kulkas Slim Beauty 2 dan Mesin Cuci Hijab Series. Kulkas Slim Beauty 2 merupakan lemari pendingin satu pintu yang memiliki laci pada freezer-nya.
    
Slim Beauty 2 memiliki tempat tanpa pendingin di bagian bawah (drybox). Sementara itu, AQUA Japan Hijab series merupakan inovasi mesin cuci yang memiliki keunggulan khusus berupa mode pencucian khusus hijab. Pencucian dengan Hijab Mode oleh AQUA Japan Hijab Series mampu membersihkan hijab secara menyeluruh tanpa khawatir merusak Hijab.
    
Selain itu AQUA Japan juga memperkenalkan mesin cuci kecil pertama seukuran telapak tangan: COTON. Coton menjadi bagian produk gaya hidup terkini yang mudah dibawa saat bepergian dan digunakan untuk menghilangkan noda di pakaian.
    
Selain meningkatnya standar hidup, terus tumbuhnya pasar properti terutama rumah tinggal untuk kelas menengah ditengarai mendorong pertumbuhan penjualan alat rumah tangga elektronik.
    
Analisa Euromonitor Internasional pada Mei 2015 perkembangan properti hunian dan apartemen kelas menengah memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan pasar alat rumah tangga elektronik. Peralatan seperti pendingin ruangan, kulkas, dan mesin cuci, tidak ubahnya kebutuhan dasar bagi setiap keluarga, terutama keluarga baru, di Indonesia.
    
"Kami sangat mengerti perkembangan gaya hidup dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk elektronik rumah tangga dengan membawa berbagai produk dengan teknologi dan kualitas Jepang yang inovatif namun dengan harga terjangkau sehingga dapat dimiliki oleh berbagai lapisan masyarakat," kata Kenji Sadayuki.
    
Andre Taulany yang merupakan aktor dan komedian berbakat Indonesia  sekaligus sebagai Brand Ambassador AQUA Japan mengatakan produk elektronik rumah tangga harus bisa membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman.
    
"Bayangkan jika AC di tempatshooting rusak, tentunya bisa membuat shooting terlambat dan semua artis dan kru tidak nyaman. Saya adalah konsumen setia AQUA Japan karena saya percaya dengan kualitas dan teknologi dari Jepang. Selain berkualitas tinggi, produk AQUA Japan juga sangat mudah dalam hal pengoperasian dan perawatannya. Oleh sebab itu saya merasa bangga dapat menjadi bagian dari keluarga besar AQUA Japan," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016