Sidoarjo, (Antara Jatim) - Jasa Raharja Cabang Jawa Timur, membayarkan santunan kepada enam ahli waris korban kecelakaan Bus Pariwisata Tiara Mas Nopol EA 7388 A yang terjadi di jalur Lingkar Selatan, Desa Payaman, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (8/5).

Kepala Cabang Jasa Raharja Jatim Edi Supriadi, Senin mengatakan masing-masing ahli waris menerima santunan sebesar Rp25 juta dengan total santunan yang diserahkan sebesar Rp150 juta.

"Kami juga memberikan santunan sebesar Rp10 juta kepada korban kecelakaan yang mengalami luka-luka dan saat ini sedang dirawat di sejumlah rumah sakit di Sidoarjo dan Kudus," katanya di sela penyerahan santunan di Kantor Kecamatan Sukodono Sidoarjo, Jawa Timur.

Ia mengemukakan untuk pengobatan korban luka-luka sebanyak 19 orang yang saat ini di dirawat di rumah sakit biayanya akan ditanggung oleh Jasa Raharja.

"Sedangkan untuk korban yang mengalami cacat permanen juga akan mendapatkan santunan sampai dengan Rp25 juta, tergantung dari jenis cacat yang dideritanya," katanya.

Menurut data dari Jasa Raharja Jawa Timur yang diperoleh dari Polda Jatim, korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, perharinya mencapai 10 orang.

"Selama kurun waktu empat bulan terakhir (Januari-April 2016), Jasa Raharja Jawa timur sudah mengeluarkan santunan sebesar Rp88 miliar. Memprihatinkan juga melihat angka kecelakaan itu karena dana yang seharusnya bisa disalurkan untuk program lain, seperti bantuan kepada pengusaha mikro, pendidikan, masjid dan lainnya," katanya.

Sementara itu, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengaku sangat prihatin dengan kondisi ini dan akan melakukan rapat terbatas untuk membahas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada korban.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan rapat untuk menentukan bantuan apa yang akan diberikan kepada korban, termasuk memikirkan bagaimana pendidikan anak-anak yang ditinggalkan oleh orang tuanya dalam musibah kecelakaan maut ini," katanya.

Sebelumnya, Bus Pariwisata Tiara Mas Nopol EA 7388 A mengalami kecelakaan di jalur Lingkar Selatan, Desa Payaman, Kudus, Jawa Tengah, Minggu (8/5).

Dalam kecelakaan tersebut, enam orang dinyatakan tewas dan belasan orang mengalami luka-luka dan sedang dirawat di rumah sakit di Sidoarjo dan Kudus.

Keenam orang yang meninggal dunia dalam kecelakaan maut tersebut masing-masing bernama, Uliyatul Auliya (11), Muh Suef (57), Susrini (50), Suwandhi (62), Amirul Mahmudi (42) dan Moh Febri Resa (8).(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016