Kediri (Antara Jatim) - Kota Kediri, Jawa Timur, mendapatkan bantuan satu unit mobil yang difungsikan sebagai bioskop keliling yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    
"Kami sebelumnya pernah mengajukan dan baru diberi mobil saat ini. Mobil ini nantinya bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai program kebudayaan," kata Kepala Dinas Kebudayaan Parwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar di Kediri, Kamis.
     
Mobil yang difungsikan sebagai bioskop keliling itu juga dilengkapi berbagai alat untuk memutar film misalnya layar, proyektor, sound system dan sejumlah perlengkapan lainnya.
     
Sementara itu, Sekretaris Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nono Adya Supriyatno mengatakan pemerintah memang membuat berbagai macam terobosan baru demi terwujudnya ruang komunikasi dengan masyarakat.
     
Dengan acara itu, kata dia, diharapkan ada komunikasi intensif antara pemerintah dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda. Mereka bisa berbicara bukan hanya satu hal saja, melainkan banak dimensi lainnya, misalnya nilai budaya.
     
"Pemerintah harus bisa memberikan ruang komunikasi dengan masyarakat, dan melalui bioskop ini, sebagai salah satu media implementasikan itu dan bukan sekedar hanya memutar film," katanya dikonfirmasi dalam kegiatan itu.
     
Lebih lanjut, ia mengatakan yang diputar dalam bioskop tersebut merupakan berbagai film yang sifatnya inspiratif. Dengan pemutaran film itu, diharapkan bisa mengikis pemikiran yang sifatnya egosentris.
     
"Masyarakat bisa memahami satu dengan lainnya dan tidak berpikir egosentris, misalnya memaki," ujarnya.
    
Nano juga mengatakan, saat ini kementerian sudah mempunyai koleksi film yang cukup besar mencapai 32 judul film inspiratif pada 2016. Mereka membeli dari berbagai rumah produksi dan nantinya bisa disebar ke berbagai daerah.
    
Untuk daerah yang mendapatkan mobil sebagai bioskop keliling, Nano mengatakan terdapat 105 kabupaten/kota di Indonesia. Nantinya, secara bertahap daerah yang belum mendapatkan akan mendapat giliran. 
     
Kegiatan penyerahan mobil itu dilakukan langsung dari kementerian ke pemerintah daerah. Kegiatan itu juga sekaligus uji coba dengan pemutaran film yang disaksikan langsung penonton. Mereka pun antusias, terlebih lagi dalam kegiatan itu dilakukan di ruang terbuka lokasi wisata Goa Selomangleng Kediri, sehingga masyarakat luas pun juga mengetahui acara itu. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016