Sumenep (Antara Jatim) - Bandara Trunojoyo Sumenep, Jawa Timur, direncanakan sebagai salah satu bandara yang menjadi pusat latihan terbang pesawat bagi siswa sekolah penerbang.

"Sesuai hasil rapat koordinasi beberapa waktu lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memang akan mendorong Bandara Trunojoyo menjadi pusat latihan terbang pesawat," ujar Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo di Sumenep, Senin.

Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah lembaga kepanjangan tangan Kemenhub yang berada di Sumenep.

"Selain fasilitas di Bandara Trunojoyo yang sudah memenuhi syarat, lalu lintas udara atau frekuensi penerbangan pesawatnya pun belum padat. Kondisi itu yang membuat Bandara Trunojoyo direncanakan menjadi pusat latihan terbang pesawat," kata Wahyu, menerangkan.

Ia menjelaskan, saat ini, Bandara Trunojoyo telah dimanfaatkan sebagai lokasi latihan terbang pesawat oleh dua sekolah penerbang, yakni Merpati Pilot School (MPS) dan Trans Asia Pacific Aviation Training (TAPAT) Pilot School.

"Beberapa waktu lalu, ada dua manajemen sekolah penerbang lainnya yang menyatakan berminat untuk menggunakan Bandara Trunojoyo. Mereka pun telah ke Bandara Trunojoyo untuk cek atau survei lokasi," ujarnya.

Wahyu juga mengemukakan, Bandara Trunojoyo memiliki tujuh area atau jalur penerbangan untuk latihan terbang pesawat.

"Kalau pun ada dua hingga tiga sekolah penerbang lagi yang akan memanfaatkan Bandara Trunojoyo sebagai lokasi latihan terbang pesawat, itu masih memungkinkan. Apalagi, fasilitas di Bandara Trunojoyo pada tahun ini akan bertambah," katanya.

Pada tahun ini, Kemenhub memprogramkan penambahan fasilitas di Bandara Trunojoyo, yakni perpanjangan dan pelebaran landasan pacu dan pembangunan pelataran parkir pesawat. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016