Madiun (Antara Jatim) - Kapolres Madiun AKBP Tony Surya Putra menjamin tidak ada aksi buruh turun ke jalan atau May Day di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, sebagai peringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Mei.

Jaminan itu, tak lepas dari ajakan Polres Madiun kepada para buruh setempat untuk menggelar kegiatan positif selama hari perayaan buruh sedunia. Kegiatan positif tersebut di antaranya, menggelar senam bersama, donor darah, pengobatan gratis, bakti sosial (baksos), hingga bedah rumah yang dilakukan pada tanggal 30 April dan 1 Mei.

"Guna mencegah buruh berdemo di jalanan, kami mengajak mereka untuk melakukan serangkaian kegiatan sosial dan hiburan," ujar AKBP Tony, kepada wartawan, Sabtu.

Menurut dia, jauh hari sebelum May Day, pihaknya beserta Pemkab Madiun telah menjalin koordinasi intensif dengan sejumlah serikat pekerja maupun perusahaan. 

"Ide tersebut didukung penuh oleh para perusahaan dan dipastikan tidak akan ada aksi turun jalan di Kabupaten Madiun saat May Day," kata dia.

Kegiatan tersebut juga menindaklanjuti imbauan Kapolri, Wakapolri, dan Kapolda Jatim, agar setiap jajaran polres menggelar kegiatan positif yang mampu meminimalisasi pergerakan massa saat May Day. 

Adapun, kegiatan yang dilalukan hari ini adalah menggelar senam bersama di komplek Mapolres Madiun. Pesertanya adalah perwakilan pekerja dari semua perusahaan yang ada di Kabupaten Madiun, warga yang ingin bersenam, dan anggota polres setempat.

Meski menjamin tak ada aksi May day, pihaknya tetap menyiagakan sejumlah personelnya untuk mengamankan jika sewaktu-waktu ada aksi yang dilakukan massa ataupun guna membantu pengamanan daerah sekitar.

Selain menyiagakan personel, Polres Madiun juga akan mengamankan sejumlah objek vital di wilayah hukumnya, seperti Pusat Pemerintahan (Puspem) dan kantor DPRD Kabupaten Madiun.

"Titik rawan kemacetan, kriminalitas, dan kecelakaan lalu lintas juga dipantau. Petugas akan terus melakukan patroli," kata dia.

Sementara, perwakilan pekerja dari PT Bumi Pembangunan Pertiwi Madiun, Kustina Dewi, mengaku senang diadakan senam bersama. 

"Bagus juga kegiatannya. Selain untuk menjaga keamanan dari May Day juga membuat tubuh sehat," kata Dewi seusai ikut kegiatan senam bersama.

Ia menuturkan, rencananya, besok juga akan digelar kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis di kantornya sebagai peringatan May Day. Hal itu dilakukan untuk mencegah para pekerja atau buruh berdemo di jalan. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016