Surabaya (Antara Jatim) - PDI Perjuangan Jawa Timur mempererat silaturrahmi dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU), baik di tingkat provinsi, maupun kota/kabupaten, hingga kecamatan se-Jatim.

Di sela silaturahmi di Kantor PWNU Jatim di Surabaya, Kamis, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Dra Sri Untari MAP mengatakan silaturahmi dengan kalangan Nahdliyin penting dilakukan di provinsi ini, bahkan strategis.

"Upaya mempererat silaturahmi antara PDIP dengan NU, khususnya di Jatim, memiliki arti strategis, karena Jatim ini didominasi warna merah dan hijau, selain warna-warna yang lain. Merah diwakili PDIP, hijau diwakili NU," katanya.

Oleh karena itu, silaturahmi dengan NU juga akan dilakukan DPC PDI Perjuangan di 38 kabupaten/kota, sampai ke PAC PDI Perjuangan di semua kecamatan se-Jawa Timur.

"DPC-DPC (tingkat kabupaten/kota) nanti akan berkoordinasi dengan PCNU setempat, dan PAC (tingkat kecamatan) berkoordinasi dengan MWC NU, sehingga tercipta hubungan struktural yang harmonis," katanya.

Menurut politisi perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur itu,  pertemuan akan dilakukan secara rutin dan berkala, untuk mendiskusikan hal-hal strategis dan juga yang bersifat praktis dalam membangun kesejahteraan rakyat melalui PDIP dan NU.

"Kerja sama yang akan dijalin bisa menyangkut bidang hukum, ekonomi, keagamaan, kesejahteraan, apalagi angka kemiskinan di provinsi ini masih 12 persen. Jika nanti kita bergerak bersama, seperti menciptakan lapangan pekerjaan, mengurangi kemiskinan dengan berbagai program, maka hal itu akan sangat membantu," ujarnya.

Politisi asal Kota Malang itu menilai kebersamaan antara PDIP dengan NU sebenarnya bukan hal yang baru, seperti antara KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dengan Megawati Soekarnoputri, juga antara Presiden pertama RI Soekarno dengan pendiri NU KH Hasyim Asy'ari.

"NU juga menjadi garda terdepan setelah kaum nasionalis untuk kepentingan melestarikan, merawat dan mengamalkan Pancasila, sehingga ketika dua kelompok kekuatan rakyat ini bersatu, maka Jatim sebagai sebuah provinsi penyangga Indonesia akan menjadi kuat dan kokoh," katanya.

Dalam silaturahmi di kantor PWNU di Jalan Masjid Al-Akbar Timur itu, jajaran pengurus NU Jatim dipimpin ketuanya, KH Mutawakkil Alallah, sedang jajaran pengurus PDIP Jatim dipimpin Ketua DPD PDIP Jatim, Kusnadi.  (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016