Jember (Antara Jatim) - Pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Jember, Jawa Timur, baik yang datang ke Pusat Informasi SBMPTN 2016 di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) kampus setempat maupun dalam jaringan (daring) masih sepi.

"Hingga Selasa pukul 13.50 WIB, jumlah pendaftar SBMPTN di Panitia Lokal Jember sebanyak 281 orang dengan rincian kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) sebanyak 99 orang, Sosial Humaniora (Soshum) sebanyak 129 orang, dan kelompok campuran sebanyak 53 orang," kata staf Bagian Humas dan Protokol Universitas Jember, Iim Fahmi Ilman di Kantor Pusat Universitas Jember, Selasa.

Menurut dia, sebanyak 34 dari 281 peserta tersebut memilih mengikuti tes berbasis komputer atau "computer based testing" (CBT), sedangkan sisanya sebanyak 247 peserta memilih mengikuti tes tertulis atau "paper-based testing" (PBT).

"Jumlah peserta SBMPTN yang mengikuti tes tulis manual sebanyak 247 peserta dengan rincian sebanyak 83 peserta kelompok Saintek, 110 peserta kelompok Soshum, dan sebanyak 53 peserta kelompok Campuran," katanya.

Ia menjelaskan data tersebut akan terus bertambah karena pendaftaran masih terus berlangsung melalui daring, namun jumlah pendaftar pada awal pendaftaran biasanya memang sepi karena sebagian besar siswa-siswi akan mendaftar setelah pengumuman kelulusan di sekolah.

"Hampir setiap tahun pendaftaran akan membeludak setelah adanya pengumuman kelulusan dan menjelang batas terakhir penutupan pendaftaran SBMPTN," ujarnya.

Iim mengatakan pendaftaran SBMPTN tahun 2016 dibuka sejak 25 April hingga 9 Mei 2016, sehingga siswa-siswi SMA sederajat lulusan tahun 2016, 2015 dan 2014 dapat mendaftarkan diri ke perguruan tinggi negeri yang dipilih nya.

"Secara umum proses pendaftaran SBMPTN tahun ini tidak terlalu jauh berbeda dengan tahun lalu, hanya saja mulai tahun ini panitia menyediakan tes berbasis komputer, selain tes tertulis atau Paper-Based testing (PBT)," tuturnya.

Panitia lokal Jember, lanjut dia, hanya mendapatkan kuota pendaftar CBT dari Panitia Pusat SBMPTN sebanyak 100 peserta, sehingga pada prinsipnya siapa yang pertama mendaftar CBT akan dilayani sampai mencukupi kuota yang ditentukan.

"Tahun ini, Unej merencanakan akan menerima mahasiswa baru sejumlah 2.342 orang dari jalur SBMPTN dan tidak terlalu berbeda dengan tahun lalu yang mencapai 2.284 orang," katanya menambahkan.

Data pendaftaran SBMPTN secara nasional pada 25 April 2016 hingga pukul 19.34 WIB tercatat peserta yang sudah melakukan pembayaran sebanyak 15.630 orang, sedangkan peserta yang sudah menyimpan data secara permanen sebanyak 9.238 orang, dan yang sudah mencetak kartu sebanyak 9.208 orang, kemudian peserta yang memilih menggunakan tes berbasis komputer sebanyak 904 orang.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016