Pamekasan (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, kini mulai mengembangkan perpustakaan desa, guna meningkatkan minat baca masyarakat desa.

Bupati Pamekasan Achmad Syafii di Pamekasan, Kamis, mengatakan salah satu desa di Pamekasan yang telah mengembangkan perpustakaan desa adalah Desa Pagendingan di Kecamatan Galis.

"Pengunjung perpusatakaan ini sangat banyak, jadi telah menjadi kebutuhan masyarakat di desa itu. Kedepan kami menginginkan perpustakaan desa meluas ke desa-desa lain," katanya.

Selain Pagendingan, desa lain yang juga mengembangkan perpustakaan desa ialah Desa Buder Kecamatan Pademawu, Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Desa Artodung, dan Desa Potoan Daja, Kecamatan Palengaan.

Menurut bupati, pengembangan perpustakaan desa itu merupakan salah satu program yang dicanangkan pemkab melalui Perpustakaan Pamekasan atas kerja sama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI), dan Bill and Melinda Gates Foundation (BMGF), guna menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar masyarakat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kegiatan ekonomi warga atau yang diistilahkan dengan perpuseru.

Program ini juga bertujuan untuk merevitalisasi fungsi perpustakaan daerah melalui peningkatan kapasitas pustakawan, sehingga perpustakaan dapat memberikan layanan yang lebih baik untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat termasuk para pemuda, perempuan, dan pengusaha mikro yang ada di Pamekasan ini.

Bupati menjelaskan sasaran program ini tidak hanya pada masyarakat perkotaan, tetapi juga pada masyarakat perdesaan, sehingga penyelenggara program menunjuk fasilitator untuk melakukan pendampingan pada desa-desa yang telah memiliki perpustakaan desa.

"Perpuseru ini akan mendorong masyarakat desa untuk siap tempa hidup secara sejahtera dan merdeka dengan mengusai ilmu tentang informasi dan teknologi," katanya menjelaskan (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016