Sumenep (Antara Jatim) - Manajemen PT Telkom berencana melakukukan digitalisasi seribu pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada tahun ini.

"Kami akan membantu sekaligus berharap para pelaku UKM di Sumenep itu bisa memanfaatkan teknologi informasi komunikasi dalam menjalankan usahanya," kata General Manager PT Telkom Wilayah Gresik-Madura, Ferry Zuljanna dalam siaran pers yang diterima Antara di Sumenep, Jawa Timur, Minggu.

Ferry berada di Sumenep dalam rangka penandatanganan nota kesepahaman antara PT Telkom Wilayah Gresik-Madura dengan pimpinan Dinas Koperasi dan UKM Sumenep dalam rangka pengembangan dumber daya dan ekonomi 5.000 UKM setempat.

"Digitalisasi itu merupakan realisasi dari Program Bina Aspirasi untuk Gerakan sejuta UKM di Seluruh Indonesia (Bagus Indonesia) yang digagas PT Telkom," ujarnya.

Melalui program tersebut, kata dia, pihaknya akan berusaha meningkatkan kemampuan atau kapasitas para pelaku UKM di Sumenep, utamanya dalam hal pemanfaatan teknologi informasi komunikasi secara komprehensif.

"Kami tentunya tidak bisa bergerak sendiri dalam membantu dan mendorong pelaku UKM memanfaatkan teknologi informasi komunikasi. Alhamdulillah, Pemkab Sumenep memberikan respons positif atas keinginan atau program PT Telkom tersebut," ucapnya.

Ferry juga mengemukakan, pihaknya akan melakukan pemetaan usaha yang dilakukan seribu pelaku UKM tersebut dan selanjutnya akan dibentuk 10 kampung UKM digital.

"Digitalisasi seribu pelaku UKM dan pembentukan 10 kampung UKM digital di Sumenep itu merupakan program kami yang ditargetkan tuntas pada tahun ini. Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk merealisasikan program tersebut," ujarya.

Konsep kampung UKM digital adalah pemanfaatan teknologi informasi komunikasi secara komprehensif dan terintegrasi untuk mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung dan selanjutnya para pelaku UKM yang ada itu diharapkan semakin maju, mandiri dan modern.

"Nantinya, para pelaku UKM yang tergabung dalam kampung UKM digital dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan PT Telkom. Semua aplikasi itu bermanfaat dan memang untuk kepentingan para pelaku UKM," kata Ferry, menerangkan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016