Surabaya, (Antara Jatim) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berencana menjadikan "Sentra Ikan Bulak" (SIB) yang ada di pesisir Pantai Utara Kenjeran Surabaya menjadi kampung Usaha Kecil Menengah digital wilayah itu.

General Manager Telkom Surabaya, M Nasrun Ihsan, Minggu mengatakan dalam pembuatan kampung UKM digital, pihak Telkom akan membantu pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) secara komprehensif dan terintegrasi.

Tujuannya, untuk mendukung proses bisnis agar bisa berjalan dalam satu kampung atau area, sehingga para pelaku UKM di wilayah itu akan semakin maju, mandiri dan modern.

"Untuk mewujudkan hal itu Telkom tidak bisa melangkah sendirian, dan akan mengajak komponen 'Pentaholix' yang ada di dalamnya untuk ikut serta mewujdukannya, seperti para akademisi, pembisnis, komunitas, pemerintah dan media," ucap Nasrun di Surabaya.

Sebelumnya, kawasan SIB telah diresmikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai salah satu jujukan atau destinasi wisata baru di kota Pahlawan, dan PT Telkom membantu dengan melengkapi kawasan itu dengan jaringan atau koneksi internet "Wi Fi" secara gratis.

Nasrun mengatakan, akses jaringan internet gratis di lokasi itu telah ditempatkan di tiga titik dengan kecepatan laju masing-masing 20 Mbps.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Surabaya Djoestamadji mengatakan SIB merupakan sebuah destinasi wisata baru di Surabaya dan digencarkan dengan menggelar "Festival Bulak 2016" selama 7 hari, dari 3-10 April.

"Festival tersebut diharapkan mampu menyedot antusias warga dari segala penjuru Kota Pahlawan, dan terdapat 260 kios yang menjual produk dan aneka olahan laut," katanya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016