Bangkalan (Antara Jatim) - Sebanyak 17 unit mobil polisi diterjunkan membantu pendistribusian naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMA dan yang sederajat di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Sabtu.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Moh Muhni di Bangkalan, Sabtu, pihaknya sengaja meminta bantuan mobil operasional polisi, agar pendistribusian naskah soal UN lebih aman.

"Selain lebih aman, mobil operasional polisi itu kan lebih tangguh, bisa masuk ke medan yang sulit juga," katanya.

Muhni menjelaskan, jumlah naskah soal UN yang didistribusikan Sabtu (2/4) itu sebanyak 247 boks.

Perinciannya, sebanyak 163 boks untuk naskah soal SMA, 39 boks untuk SMK, 29 boks untuk Paket C, dan 4 boks untuk ujian susulan.

Pendistribusian dimulai dari polsek-polsek terjauh, seperti Polsek Tanjung Bumi, Polsek Blega, Modung, Kokop, dan Polsek Konang.

"Di mapolsek, naskah soal dijaga selama 24 jam oleh petugas dan panitia pelaksana UN," terang Mohni.

Total jumlah peserta UN di Kabupaten Bangkalan kali ini sebanyak 24.749 siswa SMP/MTs, SMA, MA dan yang sederajat akan mengikuti ujian nasional.

"Khusus peserta ujian nasional SMA/SMK/MA sebanyak 9.320 siswa, terdiri dari 4.086 siswa SMA, 2.919 siswa SMK, dan 2.315 siswa MA. Mereka berasal dari 56 SMA, 57 MA, dan 46 SMK," kata Mohni.

Kapolres Bangkalan AKBP Windiyanto Pratomo menjelaskan, secara umum pelaksanaan distribusi UN dari Mapolres ke masing-masing polsek jajaran Sabtu (2/4) berjalan lancar dan aman. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016