Jember (Antara Jatim) - Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Frengky Sompie didampingi Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kemnkum dan HAM Widodo Ekatjahjana memantau pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II-A Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis.

"Kedatangan saya untuk memberikan motivasi kepada kawan-kawan di Kantor Imigrasi Kelas II-A Jember, agar mereka bisa memberikan pelayanan prima yang terbaik untuk masyarakat," kata Ronny.

Menurut dia, pelayanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Jember sudah berjalan maksimal, namun pihaknya tetap akan memberikan arahan demi perbaikan pelayanan di Kantor Imigrasi setempat yang melayani empat kabupaten yakni Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

"Petugas Kantor Imigrasi Kelas II-A Jember sudah berusaha memberikan pelayanan prima, meskipun dengan keterbatasan infrastruktur seperti fasilitas gedung yang sangat terbatas," tuturnya.

Ia mengatakan Kantor Imigrasi Jember belum bisa menampung masyarakat yang memproses paspor lebih banyak karena sempitnya gedung tersebut, namun semakin banyak masyarakat yang dilayani maka harus didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni.

"Setelah melihat langsung, saya akan menindaklanjuti dengan penguatan peran Kantor Imigrasi Kelas II-A Jember dalam memberikan pelayanan keimigrasian di Jember dan sekitarnya," katanya.

Kunjungan Dirjen Imigrasi tersebut juga berkaitan dengan rencana pembangunan unit layanan paspor di Kabupaten Banyuwangi yang merupakan kepanjangan tangan dari Kantor Imigrasi Jember.

"Unit pelayanan paspor di Banyuwangi itu tidak hanya melayani warga Banyuwangi, namun masyarakat Bondowoso dan Situbondo yang kebetulan datang di Banyuwangi juga bisa membuat paspor di sana, sehingga tidak perlu ke Kantor Imigrasi Jember," ujarnya menambahkan.

Ronny juga sempat berbincang dengan sejumlah warga yang membuat paspor di Kantor Imigrasi Jember terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas saat proses pembuatan paspor tersebut.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016