Surabaya (Antara Jatim) -  Dinas Pertanian Surabaya bekerja sama dengan Komunitas Rek Ayo Rek (RAR) akan meramaikan Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran dengan menggelar kegiatan "mangan iwak pinggir segoro" (makan ikan pinggir laut) dan "jazz pingir segoro" (jazz pinggir laut) pada Apri mendatang.
    
"Kegiatan ini, didorong untuk ikut membangun pertumbuh sarana infratruktur di daerah wisata kenjeran dan sentra ikan bulak, karena sudah banyak mengalami perubahan yang lebih baik," kata Kepala Dinas Pertanian Surabaya Joestamadji saat menggelar rapat persiapan bersama komunitas RAR di Surabaya, Rabu.
    
Menurut dia, kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-773 Kota Surabaya. Ia mengataka  sejumlah persiapan terus dimatangkan dengan mengandeng sejumlah SPKD untuk ikut meramaikan peringatan HUT Surabaya.
    
"Kegiatan ini, didorong untuk ikut membangun pertumbuh sarana infratruktur di daerah wisata Kenjeran dan Sentra Ikan Bulak, karena sudah banyak mengalami perubahan yang lebih baik," ujarnya.
    
Selain itu, lanjut dia, kegiatan dengan mengandeng komunitas warga Surabaya agar memunculkan geliat kunjungan ke daerah wisata Kenjeran. Termasuk mendorong minat pedagang untuk berjualan di sentra yang sudah disediakan Pemkot Surabaya.
    
"Potensi pantai Surabaya terutama di kawasan Kenjeran dan SIB bisa menjadi daya tarik, sebagai ikon wisata Kota Surabaya," ujarnya.
    
Sementara itu, Sekretaris Komunitas Peduli Surabaya RAR Isa Ansori  menegaskan sejumlah kegiatan dalam peringatan HUT Kota Surabaya tersebut, dikemas dengan berbagai isu.
    
"Di antaranya dengan ferstifal dolanan anak-anak maupun festival makan ikan bersama dan nonton jazz pingir segoro," terang Isa.
    
Ia menegaskan untuk mendorong potensi wisata dan mendograk aktivitas ekonomi nelayan Kenjeran, berbagai upaya dilakukan, seperti dengan menggelar lomba foto selfie.
    
"Ini yangkita harapkan masyarakat Surabaya bisa ikut terlibat langung. Dengan lomba foto selfie, bisa banyak warga yang akan datang ke perayaan," ujarnya.
    
Pada kesempatan yang sama Dinas Ketahanan Pangan Kota Surabaya ikut mendorong dengan menggelar fesival lomba makanan olahan lokal yang diikuti seluruk kecamatan se-Surabaya di lokasi SIB.
    
Aktivis komunitas RAR Abdullah Buftain menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan untuk mendorong ramainya penunjang ekonomi di wisata Kenjeran. "Siapa saja boleh meramaikan, agar program yang dilakukan bisa menunjang ekonomi kerakyatan," ujarnya.
    
Anggota Komisi C DPRD Surabaya M. Machmud yang juga ikut menghadiri acara itu, memberikan apresiasi kepada komunitas RAR yang sudah memberikan masukan untuk bisa meramaikan SIB.
    
"Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga SIB terus ramai," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016