Jember (Antara Jatim) - Artis yang juga anggota DPR RI Anang Hermansyah bersama istrinya Ashanty dan kedua anaknya, Aurel dan Arsy menghadiri kegiatan kampanye "Sarapan Sehat Sebelum Jam 9" yang digelar Energen untuk mendukung Pekan Sarapan Nasional di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu.

"Saya sebagai orang Jember berharap semua warga Jember melakukan sarapan sebelum jam 9 untuk mendukung tercapainya Pekan Sarapan Nasional," kata Anang Hermansyah di Jember.

Tidak hanya memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat di Jember, Anang bersama Ashanty dan Aurel juga menghibur masyarakat Jember dengan melantunkan sejumlah lagu andalan mereka di panggung yang berada di alun-alun Kabupaten Jember.

Bupati Jember Faida saat memberikan sambutan mengatakan masyarakat Jember harus hidup sehat dengan melakukan sarapan sebelum jam 9 pagi, sehingga dapat menjalankan aktivitasnya dengan baik.

"Jember akan mulai melakukan perbaikan sumber daya manusia (SDM), sehingga diharapkan dengan kampanye sarapan sehat sebelum jam 9 dapat meningkatkan SDM di Jember," tuturnya.

Sementara General Manajer Energen PT Mayora Indah Regional Jatim I, Bali, dan Nusa Tenggara Gugut Prasetyo mengatakan kegiatan sarapan sehat tersebut mendukung program pemerintah dalam hal membangun generasi Indonesia yang sehat dan berprestasi.

"Kegiatan kampanye sarapan sehat sebelum jam 9 dengan acara jalan sehat di Jember merupakan bentuk keseriusan dan komitmen Energen untuk memberikan kontribusi pada masyarakat luas, sehingga diharapkan semakin banyak keluarga yang melakukan sarapan sebelum memulai aktivitasnya," katanya.

Kegiatan kampanye sarapan sehat itu digelar secara serentak di lima kota yakni Jakarta, Yogyakarta, Jember, Lampung, dan Medan.

Pakar gizi dari Politeknik Negeri Jember, Rindiani, mengatakan berdasarkan penelitian tercatat sebanyak 24 persen atau tujuh dari 10 anak Indonesia kekurangan gizi sarapan, sehingga hal tersebut memengaruhi kecerdasan anak.

"Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia sangat mendukung gerakan kampanye sarapan sehat sebelum jam 9 yang dilakukan Energen karena dengan membiasakan anak sarapan sehat, maka dapat meningkatkan kecerdasan dan lebih semangat untuk melakukan aktivitas di pagi hari," tuturnya.

Ia mengatakan Pergizi Pangan Indonesia ingin secara konsisten memberikan edukasi kepada generasi bangsa atau masyarakat luas untuk memberikan pemahaman dan kesadaran untuk membiasakan sarapan sehat sebelum jam 9, agar tercipta bangsa yang sehat dan cerdas.*

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016