Sidoarjo, (Antara Jatim) - Asisten Personil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda TNI. Djoko Teguh W mengajak kepada anggota TNI AL peserta pelatihan pembekalan keterampilan (Bektram) untuk mempelajari filosofi payung menjelang purna tugas.

"Saya mengajak kepada anggota TNI Angkatan laut yang akan memasuki masa purna tugas untuk mempelajari filosofi payung yakni akan berguna jika dalam posisi terbuka. Artinya, jangan biarkan pikiran menjadi tertutup, harus terbuka dan menerima segala masukan yang ada untuk lebih maju," katanya saat memberikan sambutan pada penutupan pelatihan "Bektram" di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat.

Ia mengemukakan, para peserta pelatihan "bektram" ini nantinya diharapkan mampu mengembangkan usaha yang dipilihnya selama menjadi peserta kali ini.

"Selanjutnya, dari usaha yang dikembangkan tersebut diharapkan bisa ditularkan kepada warga masyarakat sekitar rumahnya dan selanjutnya bisa terus berkembang menjadi sebuah komunitas usaha yang ada di lingkungan masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya dirinya iri dengan peserta "bektram" yang mengikuti pelatihan ini, karena bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan bisa digunakan sebagai bekal saat memasuki purna tugas nanti.

"Para peserta yang berjumlah sekitar 140 orang ini nantinya akan menjadi lebih bermanfaat di masyarakat melalui Dinas Perawatan Personil Badan Penyalur Tenaga Kerja WIlayah Tumur atau Balurjaltim ini," katanya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Kelautan Perikanan Kabupaten Sidoarjo Mochammad Heri Edy mengatakan, untuk kerja sama dengan Politeknik Kelautan Perikanan Kabupaten Sidoarjo ini sudah terlaksana untuk yang ke XXII.

"Tentunya ini merupakan suatau sinergisitas institusi pemerintah yang sangat strategis di mana institusi ini mempunyai kepedulian dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang kompeten dan profesional," katanya.

Ia mengakui, untuk peserta pelatihan dari TNI Angkatan Laut memiliki keunggulan yang cukup bagus yakni dalam hal menjaga kedisiplinan.

"Dengan adanya modal kedisiplinan yang tinggi, kami yakin usaha yang akan dikembangkan nantinya bisa berkembang dengan baik dan meningkatkan kesejahteraan warga sekitar lingkungan," katanya.

Sementara itu, Kepala Balurjaltim Kolonel Laut (Mar) Hardimo mengatakan, terdapat beberapa bidang usaha yang bisa dikembangkan antara lain budi daya perikanan, peternakan dan juga keterampilan otomotif.

"Kami berharap dengan adanya pemberian pembekalan dan ketermapilan ini bisa menjadikan prajurit TNI AL yang akan memasuki purna tugas bisa mengembangkan usaha yang dipilihnya tersebut," katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016