Surabaya (Antara Jatim) - Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto melakukan inspeksi mendadak ke beberapa saluran air dan gorong-gorong di area Daerah Basis TNI Angkatan Laut (DBAL) Surabaya, Rabu, setelah mengikuti  latihan menembak laras pendek di Lapangan Tembak Ambalat Koarmatim, Surabaya.

Didampingi Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, serta Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, Pangarmatim melakukan sidak itu, karena intensitas curah hujan yang semakin sering pada saat ini.

Pada peninjauan tersebut, Pangarmatim menemukan beberapa saluran air dan gorong-gorong mengalami kebuntuan sehingga sangat memungkinkan terjadinya banjir di wilayah DBAL.

Menyingkapi hal tersebut, Pangarmatim memerintahkan untuk segera dilakukan perbaikan maupun peremajaan terhadap saluran air dan gorong-gorong yang buntu untuk menghindari terjadinya banjir.

Dalam waktu yang sama (16/3), prajurit Pasmar-1 Korps Marinir melaksanakan penanaman 5.000 bibit Mangrove di kawasan konservasi hutan Mangrove Gunung Anyar, Surabaya untuk melestarikan lingkungan.

Kegiatan yang dipimpin Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman itu diawali dengan penyerahan secara simbolis bibit Mangrove oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Ir. Yustamaji, kepada Komandan Pasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, lalu diikuti penanaman bibit Mangrove oleh seluruh pejabat dan ratusan prajurit Pasmar-1.

"Penanaman bibit Mangrove itu untuk memperingati ulang tahun ke-15 Pasmar-1 sekaligus sebagai partisipasi prajurit Korps Marinir khususnya Pasmar-1 dalam penyelamatan lingkungan kawasan pantai dan pesisir dari abrasi," kata DanPasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman.

Selain kegiatan penanaman bibit Mangrove, peringatan ulang tahun ke-15 Pasmar-1 juga dilaksanakan kegiatan lomba olahraga umum yaitu sepak bola, bulu tangkis, tenis dan bola voli, kemudian juga dilaksanakan lomba olahraga militer yang meliputi renang militer, dayung perahu karet, menembak, cross country dan halang rintang.

"Kegiatan penanaman Mangrove di  kawasan konservasi hutan Mangrove Gunung Anyar sangat bermanfaat bagi kelestarian alam, semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan oleh prajurit Korps Marinir di wilayah Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) lainnya," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Ir. Yustamaji.

Acara itu juga dihadiri Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, Komandan Brigif-1 Marinir Kolonel Marinir Sugianto, Komandan Menart-1 Marinir Kolonel Marinir F. Simanjorang, dan Komandan Menkav-1 Marinir Kolonel Marinir Agung Trisnanto.

Selain itu,  Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya Ir. Yustamaji, Kepala Bidang Pertanian Ir. Satrio Eko Wibowo, Kepala Seksi Kehutanan Ir. Susi Irawati, Lurah Gunung Anyar Tambak Bpk. Jaelani, dan para perwira di jajaran Pasmar-1. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016