Surabaya (Antara Jatim) - Sebanyak 15 anggota delegasi Royal Thai Navy (RTN) atau Angkatan Laut Thailand yang dipimpin Deputy Director Office of Personal Development, Captain Navy Thani Kaewako, mengunjung Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Makoarmatim) Ujung, Surabaya, Selasa.

Kunjungan kehormatan delegasi AL Thailand itu diterima Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto.

Didampingi oleh Paban V Straops Sopsal Kolonel Laut (P) Bambang Irwanto di ruang Vip Room Gedung Nala Koarmatim Ujung, Surabaya, Kasarmatim menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh delegasi Royal Thai Navy di Komando Armada RI Kawasan Timur.

Kasarmatim juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Captain Navy Thani Kaewako karena di tengah-tengah kesibukannya masih dapat melaksanakan kunjungan kerja ke Koarmatim.

"Harapan kami, kunjungan yang singkat itu akan dapat meningkatkan dan memperkuat hubungan kedua negara," katanya.

Kunjungan enam delegasi Angkatan Laut Thailand ini merupakan kelanjutan dari pembicaraan Navy to Navy ke-6 antara Angkatan Laut Thailand dan TNI Angkatan Laut yang berlangsung di Bangkok pada bulan April 2015.

Pertemuan pada tahun lalu itu menghasilkan kesepakatan untuk saling mengadakan kunjungan kehormatan antara kedua Angkatan Laut.

Selain mempererat hubungan baik antara kedua AL, kunjungan ini diharapkan juga dapat memberikan kontribusi positif terhadap hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Thailand, khususnya kerja sama militer dalam rangka mewujudkan stabilitas keamanan global, khususnya stabilitas keamanan maritim di kawasan ASEAN.

Beberapa nilai strategis juga didapat dari kunjungan kali ini, diantaranya Angkatan Laut dari kedua negara dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang keangkatanlautan.

Sebelum mengakhiri kunjungannya di Koarmatim, dilakukan pertukaran cendera mata antara Kasarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto dengan Ketua Delegasi Royal Thai Navy Captain Thani Kaewako, lalu  dilanjutkan dengan kunjungan ke KRI Usman Harun (USH)-359 dan Fleet House.

Acara tersebut dihadiri Komandan KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (AHP)-355 Kolonel Laut (P) Iswarto, Komandan KRI Diponegoro (DPN)-365 Letkol Laut (P) Daru Cahyo Sumirat.

Dalam waktu yang sama (15/3), Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto mengunjungi 24 personel Keluarga Besar Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) yang dirawat di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) dr. Ramelan, Surabaya.

Dalam kunjungan yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJA) Ny. Ina Darwanto beserta rombongan itu, Pangarmatim beserta KDJA memberikan semangat dan mendoakan kepada para pasien yang dirawat agar cepat sembuh dan dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Para prajurit dan keluarga Koarmatim yang dirawat, diantaranya Kolonel Antonius.W.U (44) di Paviliun-2, Lettu Dwi Febri (28), Sertu Sholikhol (48) di Ruang 7-B, dan Sertu Sugeng (48) di Ruang-4. Selain itu terdapat 16 orang anak dan empat orang istri dari prajurit Koarmatim. (*)

Pewarta: Edy M Yakub

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016