Jember (Antara Jatim) - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember, Jawa Timur, baru saja memperoleh akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

"Ini merupakan sejarah, untuk pertama kalinya UPT Perpustakaan Universitas Jember memperoleh akreditasi A," kata Kepala Perpustakaan Universitas Jember, Ida Widiastuti, di Jember, Senin.

Data Perpustakaan Nasional mencatat dari 2.428 perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia, hanya 17 yang memperoleh akreditasi A, yang salah satunya adalah perpustakaan Universitas Jember.

Ia juga bersyukur karena perolehan akreditasi A diraih dengan susah payah dan penuh pengorbanan, serta pemberian akreditasi tersebut merupakan bentuk apresiasi dari hasil kerja keras seluruh tim UPT Perpustakaan Universitas Jember.

"Seluruh awak perpustakaan mulai dari pustakawan sampai tenaga administrasi, bahkan tenaga kebersihan bahu membahu mewujudkan perpustakaan yang berkualitas dan nyaman," tuturnya.

Ida mengatakan aspek kenyamanan merupakan salah satu aspek paling penting yang menjadi masukan dari Tim Asesor Akreditasi kepada pihak Perpustakaan Universitas Jember. 

"Hingga saat ini pihak dari perpustakaan beserta seluruh tim tetap berupaya melengkapi sarana prasarana demi terpenuhinya kepuasan pemustaka. Peningkatan rasa nyaman ini meliputi  kebersihan, kenyamanan ruangan dan kelengkapan koleksi buku dari perpustakaan itu sendiri," katanya menjelaskan.

Selain mendapatkan akreditasi A, lanjut dia, Perpustakaan Universitas Jember juga mencatatkan prestasi lain yakni repositori UPT Perpustakaan Universitas Jember  menduduki peringkat kesepuluh se-Indonesia versi webometric. 

"Repositori adalah koleksi digital yang dimiliki sebuah perpustakaan, meliputi koleksi buku, penelitian, skripsi, tesis dan desertasi," tutur perempuan berjilbab itu.

Perpusatakaan Universitas Jember juga memiliki "Scanrobot" yakni sebuah alat serupa robot yang bertugas untuk memindai seluruh isi buku secara otomatis dan menkonversikannya ke bentuk digital. 

"Selain itu, scanrobot dipakai perpustakaan untuk melestarikan buku-buku bersejarah, dan buku kuno yang kondisinya sudah lapuk dimakan usia. Di Indonesia, perpustakaan yang menggunakan scanrobot dapat dihitung dengan jari," ujarnya.

Koleksi unggulan yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Jember menjadi pembeda dengan perpustakaan lainnya di Indonesia, Universitas Jember memiliki koleksi unggulan yang terdiri dari koleksi buku berbahasa Osing, Madura, dan Tengger. 

"Adanya koleksi buku berbahasa Osing, Madura dan Tengger ini menjadi daya tarik tersendiri, bahkan ada pustakawan dari Australia yang sudah menghubungi kami karena tertarik dengan koleksi di sini," katanya.

Jumlah koleksi Perpustakaan Universitas Jember berjumlah sebanyak 293.120 eksemplar, dengan 136.861 judul. Koleksi tersebut terdiri dari artikel, koleksi audio visual, terbitan berkala, buku teks, jurnal internasional, jurnal nasional, laporan penelitian, makalah, prosiding, referensi dan lainnya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016