Sidoarjo, (Antara) - Ratusan pelajar yang ada di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur turut serta menyemarakkan peringatan Hari Peduli Sampah yang berlangsung di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo untuk mengurangi sampah di kabupaten setempat.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Minggu, mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu langkah untuk mengurangi sampah yang ada di Kabupaten Sidoarjo yang tergabung dalam program "Sidoarjo Zero Waste".

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan daya dukung lingkungan dengan cara menjaga kebersihan serta melakukan proses pengolahan sampah dengan baik dan benar," katanya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan komitmen peduli sampah cinta Sidoarjo Bersih di dalam sebuah papan yang berisikan tulisan "Tidak Buang Sampah di Kali, Tidak Buang Sampah di Jalan, Tidak Buang Sampah Liar, Kurangi Sampah Plasatik.

Sementara itu, Humas Sekolah Al Muslim Sidoarjo Siti Aminah yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh program "Sidoarjo Zero Waste" untuk mengurangi sampah dan mengelola sampah sehingga Sidoarjo menjadi kota yang bersih.

"Pada kegiatan ini, siswa siswi SMP Al Muslim juga mengenakan baju daur ulang sambil membawa spanduk yang mendukung program "Sidoarjo Zero Waste" saat pawai mengelilingi alun-alun," katanya.

Pada kesempatan ini pula, kata dia, siswa siswi SMP Al Muslim membagikan sayuran organik yaitu sawi, kangkung, dan bayam merah dari hasil kebun sekolah sendiri. 

"Juga membagikan bibit tanaman sawo kecik & jambu air serta tas belanja cantik bahan daur ulang hasil karya siswa siswi SMP Al Muslim yaitu tas yang bisa dipakai berulang kali sebagai pengganti tas kresek," katanya.

Tidak hanya siswa sekolah, kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Sidoarjo sendiri.

Para peserta tersebut hadir untuk menyemarakkan kegiatan dengan mengenakan pakaian daur ulang demi terwujudnya program cinta lingkungan ini.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016