Madiun (Antara Jatim) - PT Indstri Kereta Api (PT INKA) di Madiun, Jawa Timur, mengirim satu rangkaian (train set) kereta api eksekutif (K1) yang merupakan pesanan dari PT KAI. 

Direktur Produksi PT INKA, Hendy Hendratno Adji, di Madiun, Jumat, mengatakan, kereta eksekutif tersebut rencananya akan digunakan untuk angkutan Lebaran tahun 2016 mendatang. 

"INKA mendapat pesanan KAI pada tahun 2015 berupa empat train set untuk K1. Nilai kontrak dari totalnya mencapai Rp215 miliar atau masing-masing kereta sekitar Rp4,5 miliar," ujar Hendy Hendratno Adji, kepada wartawan. 

Menurut dia, K1 yang dikirim tersebut merupakan kereta "new image" yang belum pernah ada di lintasan saat ini. Secara spesifikasi hampir sama dengan kereta eksekutif sebelumnya, namun tetap ada beberapa perbedaan. 

Di antaranya, interior, bogie atau tempat roda kereta, dan pendingin udara yang kesemuanya dibuat oleh PT INKA sendiri. 

Kemudian, kereta tersebut juga memiliki konsep untuk meningkatkan kenyamanan penumpang dan memudahkan perawatan. Seperti desain bingkai jendela yang dibuat mudah untuk pembersihan maupun penggantian jika pecah atau alasan lain. 

"Selain itu, terdapat juga layanan internet gratis dan dilengkapi empat LCD televisi. Tak ketinggalan, untuk meningkatkan layanan kemanan juga akan dipasang kamera pengintai atau CCTV di setiap kereta," kata dia. 

Hendy menambahkan, selain menyelesaikan empat rangkaian kereta eksekutif, saat ini di tahun 2016 PT INKA juga sedang mengerjakan pembuatan lima rangkaian kereta ekonomi (K3) pesanan PT KAI. 

"Pembuatan kereta ekonomi tersebut rencananya juga untuk mendukung angkutan Lebaran tahun 2016," kata Hendy Hendratno Adji. 

Pihaknya optimistis, kereta eksekutif dan ekonomi yang tersisa tersebut akan selesai dan dikirim ke PT KAI sebelum masa angkutan Lebaran tahun 2016 dimulai. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016