Musim buah durian atau duren memang selalu ditunggu oleh siapapun pecinta kuliner yang menyukai buah berduri dan memiliki khas bau yang menyegat hingga mabuk kepayang tersebut.

Mencium aroma durian seakan membawa sensasi yang unik, apalagi mencicipi aneka kuliner makanan dengan paduan buah durian yang legit, tentu akan terasa nikmat dan membuat ketagihan.

Kalau anda gemar menyantap durian dan kebetulan singgah di Kabupaten Jember,  maka tidak ada salahnya untuk mencicipi aneka kudapan serba durian di Kedai "Queen Durian" di kawasan kampus Universitas Jember.

Di sana tersedia es teler durian, ketan durian, pancake durian, sop durian, kolak durian, ice cream durian mabok, petulo durian, es mambo durian, ketan durian lumer, green tea durian blend, juice durian dan tak ketinggalan ada roti bakar durian.

"Daging buah durian yang kami gunakan untuk berbagai olahan kuliner itu langsung didatangkan dari Medan yang sangat terkenal dengan durian legitnya, sehingga kualitas dan rasanya dijamin bikin ketagihan," kata pemilik Kedai Queen Durian Nania Agustina.

Perempuan yang biasa dipanggil Ina itu sudah memulai bisnis kuliner serba durian sejak beberapa tahun yang lalu dengan mengenalkan kuliner pertamanya yakni pancake durian yang diproduksi di rumahnya.

"Awalnya saya membuat pancake durian dan respon masyarakat cukup bagus, bahkan saya dapat kepercayaan untuk membuat kudapan dari durian untuk beberapa acara rapat atau pertemuan jamuan di perkantoran di Jember," tutur pengusaha muda yang juga alumni FISIP Universitas Jember itu.

Bahkan saat ini pancake durian buatan Ina juga sudah dipesan rutin oleh beberapa toko kuliner di Surabaya dan Sidoarjo setiap bulannya.

Tidak puas hanya membuat pancake, setahun lalu, ia menggembangkan bisnis kulinernya dengan membuat menu ketan durian pada saat bulan Ramadhan tahun 2015 dan pangsa pasar di kawasan kampus Universitas Jember cukup bagus menerima produk kuliner yang ditawarkan.

"Setelah itu, saya mulai berpikir untuk membuat kudapan lain yang berbahan durian seperti es teler durian, sop durian, petulo durian, dan ice cream durian mabok dengan membuka Kedai Queen di Jalan Jawa No. 27 atau di Depan SMP Negeri 3 Jember," paparnya.

Kedai Queen yang dibuka sejak Januari 2016 itu sudah ramai dikunjungi oleh pecinta durian di Kabupaten Jember dan menu yang paling favorit yakni es teler durian dan sop durian.

"Alhamdulillah respon masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa cukup bagus menerima kuliner serba durian ini karena memang harganya terjangkau yang berkisar Rp2.500 hingga Rp20.000," ujarnya.

Seporsi es teler durian yang berisikan mutiara, nata de coco, alpukat, degan, nangka, jelly berupa mie, dan buah durian yang masih utuh dengan bijinya disajikan secara "fresh" di Kedai Queen Durian dipatok dengan harga Rp15.000 per porsi.

"Berbagai kuliner serba durian di Kedai Queen memang sengaja memberikan buah durian segar yang masih utuh dengan bijinya, sehingga sensasi untuk memakan buah durian yang legit dan segar itu bisa menggugah selera," ucapnya, menambahkan.

Menu lain yang tidak kalah larisnya yakni sop durian yang berisi roti tawar, jagung manis, buah durian yang disiram dengan saus durian plus susu dan di atasnya ditaburi dengan toping parutan keju yang semakin menggoyang lidah dipatok dengan harga Rp15.000 seporsi.

Ina juga sudah mengembangkan usaha bisnisnya dengan sistem franchise di beberapa kota seperti di Surabaya yang terletak di depan Klinik Pusura dan satu "franchise" di Waru, Sidoarjo.

Salah seorang pengunjung yang mampir di Kedai Queen Jalan Jawa, Anisa mengaku puas menikmati berbagai kudapan kuliner serba durian di Queen Durian tersebut karena rasa buah duriannya yang legit hingga mabuk durian.

"Saya paling suka sop durian, ketan durian, dan es teler durian karena sensasi rasanya sangat unik saat di lidah dan seakan tidak mau berhenti hingga tetes terakhir. Pokoknya maknyus," katanya, sambil tersenyum.

Nah, siapa yang penasaran dengan aneka kuliner serba durian yang menggoda selera, bisa singgah di Kedai Queen Durian dan anda akan dimanjakan dengan keunikan rasa durian yang selalu membuat ketagihan hingga mabok durian.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016