Surabaya (Antara Jatim) - Grup Hikmatul Nazia dari Surabaya menjuarai Festival Maulid Nabi 1437 H yang diselenggarakan PHBI Pemprov Jatim dan takmir Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) pada 19-28 Februari 2016.

"Grup Hikmatul Nazia dari Surabaya tampil sebagai juara pertama dalam lomba banjari yang diselenggarakan pada 24-25 Februari itu," kata salah seorang dewan juri, Nur Cita Qomaria, di sela pengumuman lomba itu di Surabaya, Kamis malam.

Untuk juara kedua diraih grup Al Karomah dari Sepanjang (Sidoarjo) dan Nazilu Zidan dari Waru (Sidoarjo) sebagai juara ketiga.

Lomba yang digelar di halaman utama masjid Al Akbar itu diikuti 41 grup dari beberapa daerah seperti Sidoarjo, Surabaya, Gresik dan Jombang.

"Banyak grup baru yang tampil dalam dua hari pelaksanaan lomba dan menampilkan ciri khas masing-masing daripada Festival Maulid tahun 2015, kami dari tim juri harus lebih cermat untuk menilai semua tampilan mulai dari aransemen tabuhan dan ekspresi," kata juri Lomba Banjari, Abdul Hamid.

Setiap grup yang terdiri dari enam orang penabuh dan empat orang vokalis diharuskan menampilkan satu lagu shalawat bebas seperti Binurihi Tajalla, Yaa Asyiqol, Antal Hadi atau Yaa Rosulallah dengan durasi waktu 7 menit.

Lomba Shalawat Banjari merupakan salah satu dari rangkaian Festival Maulid 1437 H yang diselenggarakan tanggal 19-28 Februari 2016. Rangkaian acara yang lain yakni lomba islami untuk SD/MI, expo, bazar islami dan seminar yang bisa diikuti oleh masyarakat Surabaya. (*)

Pewarta: Hesty Putri Utami

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016