Jember (Antara Jatim) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menargetkan sasaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang digelar serentak pada 8 Maret 2016 yakni sebanyak 182.752 anak bawah lima tahun (balita).

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P2KL) Dinas Kesehatan Jember, Dyah Kusworini, Kamis, mengatakan PIN Polio merupakan pemberian imunisasi tambahan kepada sasaran anak umur 0-59 bulan yang merupakan program pemerintah pusat guna mencegah anak-anak diserang penyakit polio.

"Di Jember terdapat 182.752 balita yang menjadi sasaran PIN Polio, sehingga diimbau orang tua membawa putra-putrinya ke posyandu untuk mendapatkan imunisasi polio secara gratis," tuturnya di Jember.

Menurut dia, tujuan khusus PIN Polio yakni memastikan tingkat imunitas terhadap polio di populasi cukup tinggi dengan cakupan lebih dari 95 persen dan memberikan perlindungan secara optimal kepada kelompok usia 0-59 bulan terhadap kemungkinan munculnya virus polio sabin.

"Dinkes Jember akan menyiapkan sebanyak 2.830 pos PIN utama yang tersebar di seluruh posyandu dan 78 pos tambahan yang tersebar di puskesmas, rumah sakit, stasiun, terminal, pasar, dan supermarket," katanya.

Pos PIN utama akan dibuka secara serentak pada 8 Maret 2016 di seluruh posyandu di Kabupaten Jember mulai pukul 08.00-12.00 WIB, sedangkan pos tambahan akan dibuka selama beberapa hari yakni 8-15 Maret 2016.

"Sejauh ini Kabupaten Jember bebas dari kasus polio dan terakhir kali ditemukan satu balita asal Kecamatan Tempurejo menderita polio liar pada tahun 2005," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut dia, Dinkes Jember harus mempertahankan aman dan bebas dari polio, sehingga berbagai upaya yang selama ini dilakukan yakni imunisasi dasar bagi bayi harus dikuatkan dan surveilans aktif mencari kasus lumpuh layu mendadak terus digencarkan.

Ia menjelaskan Indonesia telah menerima sertifikat bebas polio pada Maret 2014, sehingga untuk mempertahankan keberhasilan tersebut dan untuk melaksanakan strategi eradikasi polio di dunia, Indonesia melakukan berbagai kegiatan di antaranya PIN Polio.

"Informasi yang kami terima, ada tiga negara yang masih belum bebas dari polio yakni Afganistan, Pakisatan, dan Nigeria," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016