Surabaya (Antara Jatim) - Telkomsel, sebuah operator seluler terbesar di Indonesia membawa 20 finalis "The Nextdev" dengan aplikasi digital masing-masing, untuk Pulang Kampung (Pulkam) ke daerah asal peserta yang terdiri dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Malang, Pontianak, Makassar dan Gorontalo.

"The NextDev merupakan program rangkaian kegiatan kami dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk kreativitas generasi anak muda, yang diikuti sekitar 500 peserta dari seluruh Indonesia," kata General Manager Corporate Social Responsibility, Tubagus Husniyullah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Senin.

Ia mengatakan kompetisi yang digelar sejak tahun lalu itu mendapatkan 20 finalis dengan aplikasi digital yang dapat memberikan kontribusi positif untuk masyarakat, sebagai upaya Telkomsel untuk  membangun ekosistem digital, salah satunya melalui pengenalan digipreneurship atau kewirausahaan di bidang digital. 

"NextDev Pulang Kampung berlangsung selama dua hari di masing-masing kota. Pada hari pertama, akan diadakan ekhibisi karya para duta NextDev, dimana mereka akan berbagi pengalaman, melakukan sosialiasi ide dan hasil karya mereka kepada masyarakat luas," tuturnya.

Selain itu, kata dia ada pula seminar "Smart City for Smart Generation" dengan topik seperti e-Tourism, e-Government, e-Education, e-Transportation dan/atau e-SME, dengan mendatangkan beberapa pembicara yang ahli di bidangnya.
 
"Nantinya seminar tersebut memiliki topik lengkap dan menyeluruh seputar digipreneurship yang terdiri dari pengembangan aplikasi digital, perencanaan finansial, dan perumusan pemasaran, dengan menghadirkan pembicara berpengalaman di bidangnya yang merupakan para ahli keuangan, developer, sampai dengan para diginopreneur," jelasnya.

Dengan kegiatan ini, Telkomsel berupaya mendukung industri digital kreatif berupa kompetisi membuat aplikasi digital, untuk berkembangnya ekosistem digital di Indonesia agar memilki nilai tambah dan memiliki dampak sosial yang positif.

"Program The NextDev 2015 yang bertemakan Smart City dimulai dengan rangkaian roadshow, dimana lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan berhasil terjaring dari berbagai kota di Indonesia. Peserta yang terpilih akan mengikuti serangkaian tahapan yang terdiri dari desain, pengembangan, pendistribusian, investor, dan lainya," paparnya.
 
Sementara itu, General Manager Sales Region Jawa Timur Agustiyono menuturkan dari 20 finalis The NextDev, dipilih tiga terbaik yaitu Rumah Sinau, Gandeng Tangan, dan Jejakku, karena memiliki beberapa kriteria, seperti kerjasama tim, produk atau fitur yang ditawarkan,  model bisnis yang dipakai, segmentasi, dan aplikasi yang dikembangkan.

"Ke depannya kami berharap bahwa para finalis yang menciptakan produk dan fiturnya itu bisa menginspirasi anak muda untuk berkarya serta menjawab berbagai tantangan secara global, melalui aplikasinya tersebut," tandasnya. (*)

Pewarta: Laily Widya Arisandhi

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016