Mojokerto, (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur meminta kepada warga masyarakat untuk mewaspadai terjadinya tanah longsor di jalur Pacet-Cangar saat musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto Tanto S, Jumat, mengatakan, saat ini jalur di Pacet-Cangar masih berpotensi terjadinya tanah longsor saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Beberapa waktu lalu di tikungan Gajah Mungkur, Pacet, Mojokerto sempat terjadi tanah longsor dan mengakibatkan penyempitan jalan di lokasi tersebut," katanya.

Ia mengemukakan, sebaiknya masyarakat jangan dulu lewat jalan tersebut terutama pada saat hujan turun cukup deras.

"Kami tidak ingin terjadinya tanah longsor yang terjadi di wilayah tersebut menimbulkan korban terutama pengendara jalan yang melintas di lokasi tersebut," katanya.

Ia mengatakan, terkait dengan terjadinya tanah longsor yang terjadi di wilayah tersebut pada beberapa waktu yang lalu sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PU Provinsi Jawa Timur terkait dengan terjadinya tanah longsor tersebut supaya segera mendapatkan penanganan maksimal," katanya.

Penanganan tersebut harus cepat dilakukan supaya tidak terjadi tanah longsor lain yang mungkin ditimbulkan pada tanah longsor yang pertama itu," katanya.

Dirinya mengaku jika di wilayah tersebut kondisi tanahnya sangat labil sehingga tanah longsor sangat berpotensi terjadi terutama saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Kami juga menyiagakan posko di beberapa titik di Pacet supaya kalau terjadi tanah longsor atau bencana lain di lokasi tersebut bisa segera dilakukan tindakan cepat," katanya.

Sebelumnya, sejumlah titik di Jalur Pacet-Cangar telah terjadi tanah longsor dengan panjang yang bervariasi. Terjadinya tanah longsor tersebut salah satunya disebabkan oleh tingginya curah hujan yang terjadi di tempat tersebut.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016