Malang (Antara Jatim) - Wali Kota Malang, Jawa Timur Moch Anton mematangkan penyelengaraan Indonesia Creative Cities Conference (ICCC) yang bakal digelar di Malang pada 31 Maret-5 April April 2016, di Jakarta bersama beberapa instansi terkait, Rabu.

Pembahasan pematangan penyelenggaraan ICCC tersebut dikemas dalam kunjungan kerja Wali Kota Malang Moch Malang ke Jakarta dengan agenda rapat bersama jajaran Kementerian Koordinator Perekonomian, Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI), Badan Ekonomi Kreatif Nasional serta Kementerian Pariwisata RI.

Pada kesempatan itu, Anton juga mengundang dan berdialog dengan komunitas animator asal Malang yang eksis berkarya dan berkiprah di tingkat nasional.

"ICCC di Kota Malang ini akan memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional sekaligus memberikan sebuah spirit kesiapan daerah dalam memasuki area MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)," kata Anton.

Di hadapan komunitas animator tersebut, Anton juga berjanji akan mempersatukan kembali potensi atau kekuatan yang masih dimiliki Kota Malang yang saat ini masih bertebaran. Salah satunya adalah animasi.

Salah seorang animator dari DGM Animation, Achmad Rofiq mengaku senang dengan kepedulian pemerintah Kota Malang tersebut. " Kami senang dapat bertemu orang nomor satu di Kota Malang, terlebih adanya kepercayaan Kota Malang jadi tuan rumah gawenya para muda kreatif," ujar Rofiq.

Sementara itu, usai melakukan pertemuan dengan jajaran Kementerian Koordinator Perekonomian, Moch Anton menyampaikan salah satu agenda pertemuan adalah menginformasikan bahwa rangkaian ICCC ada buisness meeting dan forum best practice dengan narasumber Kepala Daerah di Asia Tenggara (ASEAN)

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI,  Irman Gusman memberikan dukungan atas penyelenggaraan ICCC di Kota Malang pada 31 Maret hingga 5 April 2016. "ICCC merupakan forum yang konstruktif dan saya mendukung Kota Malang sebagai Kota Kreatif Indonesia," kata Irman ketika menerima Wali Kota Malang Moch Anton di ruang kerjanya di Jakarta.

Irman bersama rekan rekan anggota DPD RI berjanji akan mendorong kementerian yang membidangi untuk memberikan support penuh kepada Kota Malang pada pelaksaan dan pascapelaksaaan ICCC, termasuk akan menghubungi dan mengajak para kreator kreatif yang telah sukses untuk bersama-sama mewujudkan Malang sebagai kota kreatif.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016