Surabaya (Antara Jatim) - Salah seorang anggota DPRD Kota Surabaya Anugerah Ariyadi menjadi pelopor gerakan sosial dengan menyediakan ambulans gratis untuk warga yang mebutuhkan.
    
"Ini sudah menjadi komitmen dan janji saya ketika menjadi wakil rakyat. Memamng niat saya mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat," kata anggota Fraksi PDIP Anugerah Ariyadi saat meluncurkan ambulans miliknya di halaman depan gedung DPRD Surabaya, Jumat.
    
Menurut dia, sebetulnya di DPC PDIP Surabaya sudah ada ambulans, hanya saja kadang-kadang pelayanannya kurang maksimal. Hal inilah yang membuatnya  perlu memberikan pelayanan sendiri atas biaya sendiri.
    
"Ambulans ini saya beli secara mengangsur tiap bulan sebesar Rp7 juta selama 2 tahun. Saya tidak beli tunai karena tidak punya uang. "Jadi biaya yang saya gunakan untuk mengansung adalah jatah uang transport saya," katanya.
    
Ia mengatakan ambulans ini tiap hari akan bersiaga terus di gedung DPRD Surabaya. Hal ini memudahkan warga Surabaya yang hendak meminta pertolongan ambulans.
    
"Jadi kalau warga tidak tahu nomor ponsel saya, bisa langsung ke DPRD Suabaya. Ambulans ini bisa melayani warga yang sakit untuk dibawa ke rumah sakit atau dari rumah sakit ke rumahnya. Begitu juga bagi warga yang meninggal," ujarnya.
    
Menurut dia, untuk sementara ini persoalan ambulans akan ditangani sendiri sembari menunggu tim ambulans terbentuk.
    
Ia mengatakan ambulans miliknya itu telah melaksanakan tugas pertamanya mengantar jenazah almarhum Sukarno (70 tahun) warga RT 3 RW 2 Gubeng Jaya untuk dimakamkan di Makam Keputih.
    
Meski demikian, Wakil Ketua DPC PDIP Surabaya ini mengatakan bahwa ambulans ini lebih diperuntukkan bagi warga Surabaya, namun tidak menutup kemungkinan bagi warga pendatang.
    
"Untuk dalam kota gratis, tapi untuk tujuan ke luar kota hanya mengganti biaya operasional BBM dan uang makan," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016