Sidoarjo, (Antara Jatim) - Penjabat Bupati Sidoarjo, Jonathan Judianto bersama dengan pejabat tinggi di kabupaten setempat melakukan ziarah makam mantan bupati sebagai rangkaian pelaksanaan HUT ke-157 Kabupaten Sidoarjo tahun 2016.

"Ziarah ini dilakukan ucapan terima kasih bahwa beliau-beliau ini sangat berjasa membangun Sidoarjo dan kami sebagai cucu atau anaknya mengucapkan terima kasih. Kami mengirimkan doa sebagai bentuk kepedulian mengingat mereka merupakan bagian dari Sidoarjo," katanya di sela-sela kegiatan.

Ia mengemukakan, mengawali ziarah untuk mengenang jasa-jasa mantan bupati Sidoarjo terdahulu dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidoarjo. Di TMP tersebut almarhum mantan Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo disemayamkan.
 
Sebelum ziarah dilakukan, upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan dilakukan di mana Penjabat Bupati Sidoarjo Jonathan Judianto memimpin jalannya upacara tersebut. 

Usai upacara dilanjutkan tabur bunga dimakam mantan Bupati Sidoarjo R. Suriadi Kertosuprojo. Panjatan doa dilantunkan kepada arwah bupati yang pernah memimpin Kabupaten Sidoarjo di tahun 1950 sampai tahun 1958.
 
Usai tabur bunga dilakukan di TMP Sidoarjo, rombongan ziarah di bagi tiga rombongan di mana rombongan pertama yang dipimpin Penjabat Bupati Sidoarjo bergerak menuju makam Bupati pertama Sidoarjo RT.Notopuro. 

Bupati yang bergelar RTP. Tjokronegoro I tersebut dimakamkan di makam Asri Ing Pendhem yang berada di belakang Masjid Agung Sidoarjo. Dimakam yang sama, Pj Bupati Sidoarjo bersama para pejabatnya juga berziarah ke makam bupati ketiga Sidoarjo R.P. Sumodiredjo.
 
Usai ziarah ke makam Asri Hing Pendhem, rombongan bupati ziarah kemakam Tjondronegoro. Dimakam tersebut terdapat makam bupati R.A.A.P. Tjondronegoro I serta R.A.A. Tjondronegoro II dan R.A.A. Soejadi. Kemudian rombongan ziarah menuju makam Rekso Praloyo. 

Dimakam yang bersebelahan dengan makam Asri Ing Pendhem tersebut terdapat makam bupati Sidoarjo Kolonel. Polisi. H. Soewandi. Usai berziarah kemakam bupati Sidoarjo yang berada di Sidoarjo, rombongan bergerak ke makam Boto Putih Surabaya. 

Di makam tersebut, bupati Sidoarjo ke dua, Kanjeng Djimad Djokomono di makamkan. Bupati Sidoarjo yang bergelar R.T.A.A Tjokronegoro II tersebut merupakan kakak kandung bupati Sidoarjo pertama.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016