Sumenep (Antara Jatim) - Pesawat milik PT Airfast Indonesia Rabu, melakukan penerbangan untuk mengecek rute jalur perintis dari Semarang, Jawa Tengah, ke Sumenep, Jawa Timur.

"Pesawat tersebut terbang cek rute dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta ke Semarang hingga Sumenep," kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Rabu.

Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo adalah instansi kepanjangan tangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berada di Sumenep.

Sementara PT Airfast Indonesia adalah maskapai yang memenangi lelang jalur penerbangan perintis yang jangkauan pelayanannya ke sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada tahun ini.     

Wahyu menjelakan, sesuai informasi yang diterimanya dari manajemen maskapai PT Airfast Indonesia, pesawat itu terbang dari Bandara Halim Perdana Kusuma pada pukul 08.00 WIB dan diperkirakan tiba di Semarang pada pukul 09.30 WIB.

Selanjutnya, pesawat tersebut akan melakukan penerbangan cek rute jalur perintis, yakni Semarang-Karimunjawa, Karimunjawa-Bawean, Bawean-Surabaya, dan Surabaya-Sumenep.

"Kalau semuanya berjalan lancar, pesawat milik PT Airfast Indonesia itu akan tiba di Bandara Trunojoyo Sumenep pada Rabu (27/1) sore sekitar pukul 15.30 WIB," ujarnya, menerangkan.

Ia juga mengemukakan, PT Airfast Indonesia akan mulai mengoperasikan pesawatnya untuk melakukan penerbangan perintis sejak Kamis (28/1).

"Penerbangan perdana perintis yang akan dilakukan pesawat milik operator itu dimulai dari Bandara Trunojoyo yang ditetapkan sebagai bandara pangkalan pada Kamis (28/1)," kata Wahyu. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016