Probolinggo (Antara Jatim) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menargetkan untuk menerbitkan sebanyak 12.000 Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) pada tahun 2016, dari total 60.392 UKM di kabupaten setempat.

"Target 12.000 izin itu nantinya akan dibagi secara proporsional di 24 kecamatan di Probolinggo," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo melalui Kepala Bidang Bina UKM Bambang Supriadi di Probolinggo, Sabtu.

Menurut dia, setiap kecamatan targetnya tidak sama karena akan diambil rata-rata 9 persen dari jumlah UKM di masing-masing kecamatan, sehingga semakin banyak UKM di kecamatan setempat, maka semakin besar pula targetnya.

"Demi mewujudkan hal tersebut, Pemkab sudah memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada Kasi Ekonomi Kecamatan dan Pendamping IUMK di Hotel Tampiarto Probolinggo pada 19-20 Januari 2016," tuturnya.

Usai diberikan bimtek, lanjut dia, peserta langsung diajak studi banding untuk melihat pelaksanaan penerbitan IUMK di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Bimtek dan studi banding tentang pelayanan itu diikuti oleh 36 orang peserta terdiri dari unsur 24 Kasi Ekonomi Kecamatan, enam Pendamping/fasilitator IUMK, serta enam petugas dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Probolinggo," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada petugas teknis di lapangan dalam melakukan pendampingan terhadap Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK), sehingga mampu memahami tata cara prosedur dan penerbitan IUMK. 

"Harapannya nanti target 12.000 IUMK di Kabupaten Probolingo bisa terpenuhi pada tahun 2016," katanya.

Dalam bimtek itu, lanjut dia, para peserta mendapatkan materi "Business Development Services" dari Provinsi Jawa Timur dan pihak perbankan dengan materi yang meliputi ketentuan Peraturan Presiden RI Nomor 98 Tahun 2014 Tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil serta Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 83 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.

"Ada juga materi tentang petunjuk teknis pelaksanaan IUMK dan kiat-kiat sukses pendampingan UKM sasaran IUMK, serta fasilitasi pembiayaan bagi UKM di Kabupaten Probolinggo," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2016